10 Keutamaan Bulan Ramadan

by -193 views
Sumber gambar: shutterstock

Bulan Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tuggu bagi umat muslim karena keutamaannya. Setiap umat muslim bersuka cita menyambut bulan suci ini, di mana semua dosa dihapuskan dan pahala dilipatgandakan.

Berikut indomaritim.id rangkum beberapa keutamaan bulan Ramadan.

1. Pengampunan Segala Dosa

Bulan Ramadan merupakan bulan pengampunan dosa-dosa manusia. Berpuasa pada bulan Ramadan dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan. Seperti sabda Nabi Muhammad saw:

“Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Bulan Diwajibkan Puasa

Pada bulan Ramadan umat Islam diwajibkan berpuasa. Atau nama lainnya adalah syahrush shiyam. Seperti disebutkan dalam hadis nabi: “Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, puasa selama enam hari setelah id (Syawal), maka sama nilainya dengan puasa sempurna satu tahun.” (HR Ahmad).

3. Bagian Rukun Islam

Berpuasa pada bulan Ramadan merupakan kewajiban umat muslim dalam melaksanakan rukun Islam yang keempat. Seperti dalam hadis disebutkan, Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad saw bersabda: “ Islam dibangun atas lima rukun; bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadan, dan haji ke Baitullah.” (HR Bukhari dan Muslim).

4. Pintu Neraka Ditutup

Keutamaan bulan Ramadan yang lain adalah pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka ditutup serta setan-setan terikat. Dengan demikian Allah SWT memberikan seluas-luasnya kepada hambaNya untuk beribadah secara maksimal dengan ibadah dan amal saleh. Dalam hadis Riwayat Ahmad dijelaskan “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka.”

5. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Ramadan adalah “Syahrul Quran” atau bulan Alquran. Diturunkannya Alquran adalah bukti nyata betapa mulianya Ramadan. Dalam Quran surat Al Baqarah ayat 185 Allah berfirman: “Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasaan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda antara yang benar dan batil.” (QS. Albaqarah: 185).

6. Adanya Malam Lailatul Qadar

Puncak keutamaan bulan Ramadan adalah terletak pada malam lailatul qadr. Malam lailatul qadr inilah pertama kali Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw sebagai rahmat dan petunjuk bagi semesta alam.

Dalam Hadir Riwayat Bukhari disebutkan: “Carilah malam lailatul qadr di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.” (HR Bukhari).

7. Waktu Mustajab

Bulan Ramadan memiliki keistimewaan lain yaitu waktu mustajabnya doa. Berdoa merupakan suatu bentuk ikhtiar manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

“Sesungghnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa pasti dikabulkan.” (HR Al-Bazar).

8. Meningkatkan Ketakwaan kepada Allah

Quran surat Albaqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” (QS. Albaqarah : 183).

Dengan mengerjakan amalan-amalan di bulan Ramadan diharapkan menjadi manusia yang terus menerus mengerjakan kebaikan dan bisa meningktakan ketakwaan kepada Allah SWT.

9. Pahala Berlipat Ganda

Amalan-amalan yang kita kerjakan pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Dalam riwayat disebutkan, Ibnu Rajab ra berkata, Abu Bakr bin Abi Maryam mengatakan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata, “Apabila datang bulan Ramadan, maka perbanyaklah berinfak, karena infak di bulan Ramadan dilipatgandakan bagaikan infak di jalan Allah SWT, dan tasbih di bulan Ramadan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain.”

10. Setan Dibelenggu

Pada bulan suci Ramadan, setan-setan dibelenggu. Allah membelenggu setan-setan dengan tujuan agar memudahkan manusia dalam meningkatkan ketaatannya pada bulan Ramadan seperti untuk melaksanakan puasa dan salat malam.

Hadis riwayat Imam Ahmad, “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian untuk berpuasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu.” (HR Ahmad).

Reporter: Haresti Amrihani

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *