1,9 Juta Orang Akan Gunakan Angkutan Laut Saat Lebaran 2019

oleh
Ilustrasi. Foto: Humas Pelindo

Jakarta, indomaritim.id – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R. Agus H. Purnomo memperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang sekitar 4,8 persen dibandingkan dengan realisasi Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 dibanding tahun sebelumnya.

“Dari data yang ada, realisasi angkutan laut lebaran tahun 2018 adalah sebesar 1.830.289 orang. Maka dengan prediksi kenaikan 4,8 persen, pada lebaran tahun ini diperkirakan sebanyak 1.918.182 orang akan menggunakan transportasi laut,” kata R. Agus H. Purnomo saat mendampingi Menteri Budi Karya Sumadi membuka Posko Angkutan Laut Lebaran di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/5/2019).

Baca Juga: Urai Macet, Pemudik Lewat Pelabuhan Merak di Siang Hari Dapat Diskon Khusus

Ia menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya setiap menjelang perayaan Idul Fitri pasti akan terjadi perpindahan penumpang dalam jumlah besar dan waktu yang bersamaan.

“Kondisi ini tentunya harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan yang andal, termasuk pada moda angkutan laut,” ujarnya.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R. Agus H. Purnomo
Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R. Agus H. Purnomo. Foto: Istimewa

“Untuk mewujudkan angkutan laut lebaran yang selamat, aman dan nyaman tentunya diperlukan langkah-langkah penting yaitu koordinasi secara intensif dengan seluruh stakeholder dan semua yang terkait serta melakukan pembagian tugas sesuai dengan peran tanggung jawab masing-masing,” lanjut R. Agus H. Purnomo.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, kata Agus H. Purnomo juga memastikan, telah melakukan uji petik pada seluruh kapal penumpang yang beroperasi untuk memastikan terpenuhinya standar keselamatan pelayaran.

Terkait dengan penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, Dirjen Agus mengatakan pada Angkutan laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H)/ Kementerian Perhubungan menyelenggarakan program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut, yang melayani trayek Jakarta Semarang, PP yang saat ini kuotanya telah terpenuhi 100 persen.

“Mudik Gratis ini tentunya merupakan bukti kepedulian Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan khususnya Ditjen Perhubungan Laut yang berpihak pada masyarakat yang menginginkan mudik bareng, asyik lancar,” ujar Agus H. Purnomo memungkasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *