5 Langkah Kecil Untuk Hidup Minim Sampah

by -36 views
Ilustrasi.

Jakarta, indomaritim.id – Sampah menjadi masalah besar untuk manusia dan planet Bumi. Semakin moden kehidupan, ternyata semakin banyak pula sampah yang dihasilkan. Celakanya, beragam sampah ini sulit untuk diurai oleh alam.

Dengan meningkatnya gaya hidup penuh kesadaran atas tanggung jawab pada lingkungan, idealnya diikuti pula dengan usaha-usaha pribadi untuk mengurangi limbah dan sampah, minimal dari limbah rumahan.

Walaupun seringkali terdengar sulit dan mahal untuk mengikuti gaya hidup tanpa sampah, namun sebenarnya langkah paling mudah untuk memulai adalah langkah terkecil yang dimulai dari rumah dan ruang kerja sendiri.

Bawa Kantong Sendiri Saat Berbelanja

Bawalah kantong belanja anda sendiri; gunakan tote bag berbahan kanvas yang kuat untuk berbelanja bulanan di pasar swalayan, atau gunakan wadah yang dibawa dari rumah untuk menggantikan kemasan plastik kiloan ketika berbelanja buah dan sayur.

Tolak Penawaran Kantong Plastik Saat Berbelanja

Cara lain untuk mengurangi penggunaan plastik, adalah dengan tidak menggunakannya sama sekali.

Mulailah dengan menolak penawaran untuk mengemas kemasan dalam kemasan plastik.

Saat ini, sudah banyak pilihan untuk kantong belanja yang dapat didaur ulang, tapi, untuk mengemas produk belanja dalam kuantitas besar, kardus bekas kemasan juga bisa menjadi pilihan

Bawalah Tumbler Atau Kemasan Makanan Sendiri

Konsumsi air minum dalam kemasan dan Styrofoam kemasan makanan tentunya menjadi salah satu penyumbang limbah terbesar.

Dengan membawa tumbler atau tempat makan sendiri,, anda dapat berkontribusi untuk mengarungi limbah sebanyak satu sampai dua kemasan botol atau styrofoam per harinya.

Jangan Malu Untuk Bertanya

Jika sudah membawa perlengkapan makan dan minum sendiri, janganlah sungkan untuk bertanya kepada pramusaji jika memungkinkan untuk menggunakan alat makan pribadi.

Jangan lupa untuk menanyakan jika barang dalam jumlah kecil bisa disimpan di dalam tas sendiri, atau jika minuman yang dipesan bisa dihidangkan tanpa sedotan.

Baca Juga: Diet Plastik Untuk Masa Depan Bumi

Kurangi Pembelian Barang

Selain mengurangi pengeluaran pribadi, mengurangi pembelian barang juga akan mengurangi jumlah barang yang tidak optimal digunakan, dan hanya akan berakhir di tempat sampah.

Maka, sebelum melakukan pembelian atas sesuatu, lakukanlah refleksi singkat: apakah barang ini benar-benar dibutuhkan, apakah barang ini akan berguna dalam jangka panjang, dan apakah barang ini tidak bisa didapatkan melalui cara lain (meminjam/membeli bekas pakai yang masih layak dari marketplace).

Selamat mencoba, dan semoga bisa tetap bersemangat menjaga komitmen untuk mengurangi sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *