5 Rekomendasi Menu Buka Puasa

by -108 views
Es Buah untuk Menu Buka Puasa (Shutterstock)

Waktu berbuka menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi yang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentu ingin berbuka puasa dengan menu yang lezat kan pastinya.

Berbagai jenis makanan maupun minuman telah dipersiapkan menjelang buka puasa. Makanan tersebut merupakan bagian dari menu favorit atau yang sudah dibayangkan di waktu siang. Kamu tidak perlu bingung, berikut lima rekomendasi menu untuk buka puasa.

1. Gorengan

Meskipun banyak orang bilang makan gorengan itu kurang sehat, tidak afdal rasanya kalau berbuka puasa tanpa gorengan. Ketika menjelang berbuka puasa, penjual gorengan banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan. Sebagian orang Indonesia menjadikan gorengan sebagai menu wajib ketika berbuka. Gorengan lebih enak dinikmati ketika masih hangat dan membuat ketagihan. Gorengan cukup menggantikan rasa lapar seharian dibandingkan harus langsung makan nasi. Gorengan-gorengan yang nikmat untuk menu buka puasa antara lain, pisang goreng, tahu isi, cireng, bakwan, dan lumpia.

2. Capcay

Untuk kamu yang vegetarian alias penyuka sayur, menu capcay bisa menjadi pilihan. Menu yang terdiri dari berbagai sayuran ini terbilang sehat dan rendah lemak. Kamu juga bisa menambahkan daging ayam, daging sapi, atau seafood untuk menambah kelezatan capcay.

3. Kolak

Selain segar, kolak bisa menjadi pilihan menu yang sehat dan mengenyangkan. Kamu bisa membuatnya dengan isian pisang, ubi, labu, dan kolang-kaling. Rasanya yang manis menambah kenikmatan dan mengembalikan energi. Untuk kamu penyuka minuman dingin, tidak ada salahnya menambhakan es batu ke dalam kolak.

4. Es Buah

Iklan sirup pada siang hari membuat kita membayangkan segarnya es buah untuk menu berbuka puasa. Es buah menjadi menu paling dinanti untuk berbuka. Kamu bisa membuatnya dengan buah-buahan sesuai selera seperti, stroberi, apel, jeruk, mangga, melon, dan buah-buahan yang lain dengan dilengkapi sirup dan susu. Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit maag, dianjurkan untuk mengurangi porsi es dan sebaiknya minum minuman hangat.

5. Satai

Nah, irisan daging kecil-kecil yang ditusuk dan dipanggang kemudian diberi bumbu kecap atau kacang, cocok untuk kamu yang ingin buka puasa ramai-ramai alias bukber. Porsi satai yang banyak bisa menjadi pilihan untuk berbuka bersama keluarga maupun teman-teman. Kamu bisa memiih satai ayam, satai kambing, atau satai sapi sesuai selera yang kamu inginkan.

 

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *