7 Tips Memilih Makanan untuk Dikonsumsi saat Sahur

by -137 views
Sayur dan buah (pinterest.com)

Memasuki bulan Ramadan, umat Islam akan menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Sebelum berpuasa, mereka dianjurkan untuk sahur terlebih dahulu agar tetap kuat beraktivitas sehari penuh selama puasa.

Mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur akan membuat kenyang lebih lama dan lebih kuat untuk berpuasa. Nah, makanan yang dikonsumsi saat sahur juga tidak boleh sembarangan lho. Saat sahur, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya akan serat agar kenyang lebih lama.

Berikut tujuh tips memilih makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur.

  1. Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayur memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu mengenyangkan dan mencegah sembelit. Buah-buahan dan sayur juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemical (senyawa fitokimia) yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

  1. Makanan yang Kaya Karbohidrat

Makanan-makanan seperti nasi, roti, dan kentang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Jenis makanan ini membantu menjaga energi dalam tubuh namun perlu diperhatikan jumlah konsumsinya, jika berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

  1. Makanan yang Memiliki Kandungan Protein

Protein yang dikonsumsi saat sahur bisa didapatkan dari produk susu dan daging tanpa lemak. Kamu bisa mengonsumsi protein seperti susu, telur, yogurt, dan ayam. Jenis makanan tersebut dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh selama berpuasa.

  1. Komposisi Nutrisi

Ketika membuat menu sahur untuk keluarga maupun untuk diri sendiri, kamu perlu memperhatikan komposisi nutrisi. Menu sahur akan lebih menyehatkan apabila terdiri dari makanan yang mengandung vitamin, zat gizi, dan juga mineral. Selain menu nasi dan sayuran, kamu juga bisa menambahkan daging, tahu, tempe, atau susu.

  1. Makanan Kaya Zat Besi

Ketika berpuasa, tubuh akan rentan kekurangan zat besi. Kondisi ini harus diantisipasi secara tepat terutama untuk orang yang memiliki riwayat penyakit kurang darah (anemia). Untuk itu, kamu bisa memilih makanan-makanan yng kaya zat besi seperti sayur bayam, sayur daun singkong, atau hati ayam untuk menu saaat sahur.

  1. Konsumsi Susu

Sudah tidak diragukan lagi kalau susu menjadi minuman sehat dengan kandungan gizi yang baik. Selain itu, susu juga mengandung vitamin, mineral, dan menjadi sumber kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk tubuh demi menjaga kesehatan tulang. Saat berpuasa, kamu bisa memilih susu nabati seperti susu kedelai yang kaya akan protein.

  1. Makanan dan Minuman Tinggi Air

Hindari minuman yang terlalu banyak mengandung kafein saat berpuasa. Hal ini dikarenakan dapat menghilangkan air dalam tubuh sehingga meningkatkan rasa haus. Minum terlalu banyak air juga tidak dianjurkan karena dapat mengencerkan asam lambung dan menyebabkan kembung serta gangguan pencernaan. Tipsnya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan segar, atau jus dari sayuran segar dengan kandungan air yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi saat berpuasa.

Reporter: Haresti Amrihani

 

 

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *