Algafry Rahman: Pemerintah Terus Tingkatkan Pengembangan Wisata di Pulau Nangka

by -195 views
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, menyerahkan bantuan kepada masyarakat pada kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan yang diselenggarakan Direrktorat Polairud Polda Babel di Pulau Nangka. Foto: Romlan/indomaritim.id
Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, menyerahkan bantuan kepada masyarakat pada kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan yang diselenggarakan Direrktorat Polairud Polda Babel di Pulau Nangka. Foto: Romlan/indomaritim.id

Bangka Tengah, indomaritim.id – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, mengungkapkan untuk menunjang sektor kemaritiman, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengahsudah mengusulkan pembangunan dermaga atau tambatan perahu di Pulau Nangka, Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungaiselan, kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Disini, tambatan perahu yang akan kita prioritaskan untuk menunjang kemaritiman tadi. Nanti kembali kita diskusikan, mudah-mudahan bisa segera terealisasi,” ungkap Bang Ayi, sapaan akrab Algafry Rahman, usai bersama Kapolda Babel pada kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan yang diselenggarakan Direrktorat Polairud Polda Babel di Pulau Nangka, Selasa (9/3/2021) siang.

Bang Ayi menuturkan, rencananya pembangunan tambatan perahu di Kurau dan Pulau Nangka akan menggunakan APBD Provinsi Bangka Belitung. Hal itu karena biaya yang dibutuhkan untuk pembanguan tambatan perahu itu cukup besar, maka Pemkab Bateng meminta dukungan dari Pemprov Babel. Usulan pun sudah sejak tiga tahun lalu.

“Kita usulkan di Provinsi, memang sudah tiga tahun yang lalu kita usulkan, karena memang ini biayanya lumayan. Tapi saya sudah sampaikan ke Pak Gubernur setelah kami dilantik kemarin, salah satu item yang akan segeradirealisasikan, selain tambatan perahu di Kurau tahun 2022, kita juga mengusulkan ini (tambatan perahu di Pulau Nangka). Tapi mungkin prioritas sementara Kurau dulu di 2022, karena itu memang sudah lama ingin pengerukan di daerah Kurau. Lalu tambatan perahu ini (Pulau Nangka) bagian dari yang kita usulkan. Mudah-mudahan ini bisa segera terealisasi, sudah kita usulkan pembangunan dermaga di Pulau Nangka, Tanjung Pura ini,” bebernya.

Dikatakan Bang Ayi, Pulau Nangka dan Desa Tanjung Pura memiliki potensi pariwisata yang layak untuk dikembangkan. Menurutnya, saat ini destinasi wisata Pulau Nangka juga sudah mulai unjuk gigi. Masyarakat mulai mengenal destinasi wisata Pulau Nangka yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis

“Destinasi pariwisata sudah mulai dikenal, sudah mulai unjuk gigi, ini Pokdarwis sudah mulai untuk mengenalkan potensi pariwisata di sini,” ujarnya.

Disinggung dukungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terhadap potensi wisata yang ada di Pulau Nangka, Bang Ayi menyatakan, usulan pembangunan dermaga atau tambatan perahu itu sebagai bentuk dukungan Pemda untuk pengembangan potensi pariwisata di daerah itu.

“Kita sangat dukungan , Insya Allah mulai kita jajaki, tambatan perahu itu yang utama,” demikian Bang Ayi.

Reporter: Romlan
Editor: Mulyono Sri Hutomo

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *