Antisipasi Bahaya Kebakaran, Prajurit Koarmada III Latihan Pemadam Kebakaran

oleh
Prajurit Komando Armada (Koarmada) III, melaksanakan Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Mas Pardi, Mako Koarmada III, Katapop, Kab. Sorong, Papua Barat Daya pada Rabu, (12/6/2024). Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat
Prajurit Komando Armada (Koarmada) III, melaksanakan Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Mas Pardi, Mako Koarmada III, Katapop, Kab. Sorong, Papua Barat Daya pada Rabu, (12/6/2024). Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Sorong, indomaritim.id Prajurit Komando Armada (Koarmada) III, melaksanakan Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Mas Pardi, Mako Koarmada III, Katapop, Kab. Sorong, Papua Barat Daya pada Rabu, (12/6/2024).

“Latihan yang dilaksanakan, merupakan perintah Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Hersan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang alat–alat pemadam kebakaran dan cara penggunaannya pada waktu menghadapi bahaya kebakaran. Diharapkan setelah melaksanakan latihan tersebut para peserta mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran yang tersedia, dan bisa dengan cepat serta tanggap sesuai tugas-tugasnya dalam menangani dan menanggulangi bahaya kebakaran,” kata Komandan Denmako Koarmada III, Kolonel Marinir Endrawan Rahmania dalam keterangannya.

Latihan Penanggulangan Bahaya Kebakaran tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, kemahiran, dan peran Prajurit Koarmada III dalam mencegah serta penanggulangan bahaya kebakaran di Koarmada III.

BACA JUGA: Indonesia dan Malaysia Gelar Patroli Perbatasan Laut Terkoodinasi Optima Malindo 31A

Latihan ini juga melatih kemahiran penanggulangan bahaya kebakaran yang merupakan kemampuan mutlak yang harus dimiliki seorang Prajurit Koarmada III.

Pada bagian lain di tempat yang berbeda Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Hersan menyampaikan bahwa latihan tersebut dimaksudkan untuk menjaga ketanggapan dan kemampuan para Prajurit Koarmada III dalam menanggulangi bahaya kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi baik di Mako maupun unsur KRI.

“Latihan tersebut merupakan salah satu dari Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul,” kata Laksamana Muda TNI Hersan.

Lebih lanjut dalam pelaksanaan latihan, diawali dengan penjelasan tentang teori pemadaman kebakaran yang disampaikan oleh Tim Pemadam Kebakaran Kota Sorong Papua Barat Daya.

Materi yang disampaikan adalah pengetahuan tentang berbagai jenis alat pemadam kebakaran (Apar), cara penggunaan dan perawatannya, serta praktek cara pemadaman kebakaran dengan alat pemadam kebakaran yang dilaksanakan di halaman Gedung Serbaguna Mas Pardi Mako Koarmada III.

Pada akhir latihan dilanjutkan dengan evaluasi terhadap pelaksanaan latihan oleh Komandan dan Pasops Denmako Koarmada III.