Bangun Kampung Bahari Nusantara, TNI AL Gelar Kegiatan Sosial di Merauke

by -40 views
Bangun Kampung Bahari Nusantara, TNI AL Gelar Kegiatan Sosial di Merauke

Jakarta, indomaritim.id – Dalam rangka memajukan salah satu kampung binaan dengan sasaran untuk meningkatkan taraf hidup dan kemajuan masyarakat pesisir, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke membentuk Kampung Bahari Nasional (KBN) yang merupakan salah satu program dari TNI AL dengan melaksanakan berbagai kegiatan sosial bekerjasama dengan Smile Train Indonesia dan PT. BIA. Program KBN merupakan ide atau gagasan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan tujuan memberdayakan warga pesisir agar potensi daerahnya dapat dimanfaatkan secara optimal sehinnga masyarakatnya bisa sejahtera.

Kampung Lampu Satu menjadi daerah yang dipilih menjadi tempat pembentukan KBN di Kabupaten Merauke. Berbagai kegiatan yang menyentuh kehidupan masyarakat secara langsung dilaksanakan oleh Lantamal XI sesuai dengan lima cluster yang telah ditetapkan yaitu Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan belum lama ini adalah penanaman 1.000 pohon bibit mangrove untuk mengantisipasi terjadinya abrasi yang cukup tinggi di pantai Lampu Satu sebagai akibat minimnya keberadaan pohon mangrove di lokasi tersebut. Selain itu juga dilaksanakan operasi bibir sumbing kepada 15 masyarakat Kabupaten Merauke terdiri dari 7 orang dewasa dan 8 anak-anak.

Komandan Lantamal XI Brigjen TNI Mar Wurjanto, M.Han disela-sela acara menyampaikan bahwa pembentukan KBN merupakan program TNI AL yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Kegiatan penanaman pohon mangrove dan operasi bibir sumbing menjadi sebuah kegiatan yang perlu dilaksanakan di Kabupaten Merauke.

“Saya berharap kegiatan ini akan bermanfaat secara langsung kepada masyarakat Kampung Lampu Satu pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Merauke secara umum”, ucap Danlantamal Merauke.

Turut hadir dalam kegiatan ini Country Manager Smile Train Indonesia Daesi Larasati, Kadis lingkungan hidup, Kadis Kehutanan dan Kadis Balai Sungai dan Rawa Kabupaten Merauke serta para prajurit Lantamal XI Merauke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *