Bantuan Makanan Pokok Untuk Warga Pulau Jefman

oleh -48 views

Raja Ampat, indomaritim.id – Ketua Daerah Jalasenastri Armada III, Ny. Yuanita Irvansyah menyerahkan bantuan makanan pokok secara simbolis kepada warga yang berdomisili di Pulau Jefman, Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (14/9/2021).

Kunjungan kerja Ketua Daerah Jalasenastri beserta segenap Pengurus Daerah Jalasenastri dalam rangka komunikasi sosial maritim dan pembinaan wilayah perbatasan laut dalam bentuk silaturahmi dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda di Pulau Jefman.

Masyakat yang mendiami pulau tersebut menyambut hangat kunjungan Ketua Daerah Jalasenastri beserta rombongan sesaat setelah KAL Tornado sandar di dermaga. Selain memiliki alam yang indah, Pulau Jefman juga memiliki peran dalam sejarah. Pulau ini dahulu merupakan gerbang Papua, terdapat bandara Jefman sepanjang 1.850 meter yang beroperasi hingga tahun 2004.

Pulau Jefman berjarak 16,7 km jika ditarik garis lurus dari Pelabuhan Kota Sorong. Akes menuju Pulau Jefman dengan menggunakan kapal motor mesin 40 Pk dengan waktu tempuh sekitar satu jam pelayaran.

Jadwal penyebrangan dua kali dalam sehari, yakni pukul 08.00 WIT dari Jefman dan 14.00 WIT dari Sorong. Alternatif lainnya bisa mencarter satu unit kapal motor.

Perlayaran menuju Jefman akan melewati dua buah pulau yakni, Pulau Doom dan Soom yang keduanya secara administratif masuk kota Sorong.

Pulau Jefman ini menjadi saksi akan sebuah kejayaan karena menjadi bandara pertama di Papua Barat. Bandara Jefman terakhir beroprasi pada tahun 2004 dan setelah itu pindah di bandara Dominik Eduard Osok di Sorong. Selain landasan bandaranya saja, Pulau Jefman juga memiliki pesona alam dan dunia bawah lautnya sangat indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *