Bawa ‘BUMN Go Global’, Begini Strategi Kementerian BUMN

oleh
Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto. Foto: Mulyono Sri Hutomo/indomaritim.id
Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto. Foto: Mulyono Sri Hutomo/indomaritim.id

Jakarta, indomaritim.id – Badan Usaha Milik Negara Indonesia bersiap memperluas pangsa pasar keluar negeri saat pandemi agar ekonomi semakin kuat. Tujuannya, tahun 2021 BUMN yang berada di luar negeri akan berada dalam satu organisasi dan mengangkat identitas Indonesia.

Menjadi perusahaan yang mampu bersaing di kancah internasional menjadi salah satu misi dari BUMN. Beberapa perusahaan BUMN telah berhasil mengepakan sayapnya hingga ke berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Puluhan Rumah Sakit BUMN Siaga Hadapi Virus Corona

Beberapa waktu lalu, Kementerian BUMN telah menjalin Mou dengan Kementerian Luar Negeri untuk mendukung kiprah BUMN di pasar Internasional.

“Ada empat tujuan BUMN Go Global, pertama memperkenalkan produk dan jasa BUMN agar diserap oleh pasar globa, kedua menyatukan kekuatan BUMN di luar negeri yang menciptakan efisiensi operasional,” kata Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto pada acara NGOPI BUMN yang digelar daring, Rabu (18/11/2020).

“Ketiga memperbaiki supplya chain dengan melakukan investasi atau akuisisi perusahaan di luar negeri, dan keempat memanfaatkan momentum pandemi,” lanjutnya.

“Saat ini merupakan waktu yang tepat, masa pendemi menjadi persiapan untuk membawa BUMN Indonesia mendunia,” imbuh Susyanto.

Ada tiga tahapan yang dilakukan untuk mebawa BUMN Indonesia ke kancah persaingan internasional yaitu, Indonesia Incorporated, Supply Chain, dan Go global.

“Tahap pertama adalah membentuk Indonesia Incorporated dengan menyatukan beberapa kantor cabang BUMN di luar negeri. Di dalamnya, akan berisi showroom dan marketing chain,” ujarnya.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga