Begini Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing dari Lembaga Sertifikasi Profesi

oleh -274 views
Begini Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing dari Lembaga Sertifikasi Profesi
Begini Pentingnya Sertifikasi Digital Marketing dari Lembaga Sertifikasi Profesi

Sertifikasi kompetensi menjadi penting bagi tenaga kerja dimasa pasar bebas. Perjanjian pasar bebas regional ASEAN dan perkembangan teknologi, membuat seorang pekerja melintasi batas-batas negara. Seorang pekerja teknologi informasi dapat mengerjakan membangun situs untuk perusahaan yang berada di Inggris. Begitu juga sebaliknya, seorang profesional dari Singapura dapat mengerjakaan pekerjaan di Indonesia dari kediamannya.

Situasi demikian, menuntut daya saing tinggi. Tak hanya keahlian individu namun juga regulasi pemerintah yang mendukung peningkatan keahlian sekaligus pengakuan kompetensinya.

Sejak tahun 2003, DPR dan pemerintah telah mengamanatkan pembentukan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang independen untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga kerja melalui UU No. 13 Tahun 2003. Undang-undang itu, kemudian menjadi dasar dari Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 2018 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Nah, melalui dua peraturan dan badan independen tersebut maka terbitlah sertikasi kompetensi yang menjadi pengakuan terhadap tenaga kerja profesional yang kredibel dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Di era serba digital ini, peran seorang pemasar digital menjadi sangat penting. Pada artikel sebelumnya, berjudul ‘Digital Marketing Jadi Pilihan Promosi dan Penjualan Saat Pandemi’ telah diuraikan bahwa pemasaran digital kini menjadi ujung tombak pemasaran utama saat pandemi. Terlebih dengan dibatasinya interaksi tatap muka dan meningkatnya penggunaaan Internet oleh masyarakat.

Berikut pentingnya sertifikasi digital bagi profesional:

Pengakuan kompetensi

Pengakuan kompetensi ini tertuang dalam unit-unit mata uji. Untuk profesi digital marketing, ada 10 unit kompetensi mulai dari identifikasi elemen pemasaran perusahaan sampai melaksanakan ketrampilan penjualan. 10 unit kompetensi tersebut dapat dilihat pada tautan berikut ini.

Parameter keahlian dan pengetahuan yang jelas

Dengan unit uji kompetensi yang terus diperharui oleh BNSP dan LSP, maka pemegang sertifikasi kompetensi menjadi jelas parameter-parameter apa yang wajib dikuasainya. Misalnya, perancangan periklanan dan pembelian medianya.

Jenjang karir dan promosi

Bagi tenaga kerja, pengakuan akan kompetensi menjadi satu poin penting dalam jenjang karir dan promosi jabatan. Semakin mahir dalam sebuah bidang, tentu dibuktikan dengan pengakuan dari lembaga yang kredibel.

Bagi pekerja bidang digital, LSP Teknologi Digital menyediakan berbagai skema uji kompetensi. Satu diantaranya adalah kompetensi Digital Marketing. Tentunya, ini membantu para profesional untuk meningkatkan kredibitlitasnya dalam satu bidang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *