Berhasil Masuk Daftar Times Higher Education (THE), Ini 5 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

by -65 views
Ilustrasi
Ilustrasi
Banner

Jakarta, indomaritim.id – Setiap orang tua pasti memiliki impian besar terhadap anaknya agar kelak menjadi manusia hebat. Maka dari itu, selepas lulus dari sekolah menengah atas (SMA), biasanya tiap orangtua menganjurkan sang anak untuk memilih universitas dengan kualitas pengajar yang mumpuni. Tak jarang pula, mereka rela melakukan pinjaman dana pendidikan kuliah untuk mendukung pendidikan lanjutan sang anak kelak.

Meskipun sebagian orangtua rela menyekolahkan anaknya hingga ke luar negeri, namun bukan berarti pendidikan di Indonesia minim akan fasilitas dan tenaga pengajar. Bahkan, beberapa universitas ternama tanah air berhasil masuk dalam daftar peringkat universitas terbaik di Asia versi Times Higher Education (THE) dengan indikator penilaian meliputi lingkungan pengajar, kutipan ilmiah, kerja sama industri, serta dosen/mahasiswa/riset internasional.

Berikut 5 universitas terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE):

Universitas Indonesia (UI)

Berada di peringkat 133, Universitas Indonesia atau lebih akrab disebut UI berhasil mengumpulkan skor tertinggi mewakili Indonesia dalam kategori penilaian pandangan internasional (52,9), riset (20,8) dan pengajaran (42,6) versi Times Higher Education (THE).

Salah satu kampus top dengan almamater berwarna kuning ini memang selalu menjadi incaran para calon mahasiswa diseluruh penjuru nusantara, terlebih lagi adanya fakta yang menyebutkan bila tingkat kesulitan mengikuti seleksi masuk kampus UI sangatlah tinggi.

Untuk bisa mengemban pendidikan di UI, kamu bisa mengikuti 2 jalur seleksi yaitu jalur undangan (nilai rapor, SNMPTN, PPKB, talentscouting), dan jalur ujian tulis (SBMPTN, SIMAK UI, SIMAK-Kelas Internasional).

Terdapat 13 fakultas di Universitas Indonesia yang dibagi menjadi 3 kategori ilmu, yaitu ilmu kesehatan, ilmu sosial dan humaniora, serta ilmu sains dan teknologi. Adapun yang termasuk dalam 13 fakultas ialah:
Fakultas Kedokteran
Fakultas Farmasi
Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Hukum
Fakultas Psikologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
Fakultas Teknik
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Ilmu Komputer

Institut Teknologi Bandung

Posisi kedua dalam daftar THE yang juga mewakili Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung atau ITB dengan skor penilaian untuk kategori pendapatan industri (92,4). Dibandingkan 5 universitas ternama Indonesia, ITB terbilang unggul untuk kategori tersebut. Menduduki peringkat 301-305, ITB yang dikenal pula sebagai kampus ganesha ini memiliki 11 fakultas dan 7 sekolah.

Beberapa fakultas di ITB bahkan menjadi unggulan yang paling banyak diminati saat ujian seleksi masuk, seperti Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

Mengenai biaya masuk, kampus ITB membagi 2 kategori uang kuliah tunggal ditinjau dari fasilitas dan tenaga pengajar yang tersedia. Khusus untuk Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) besaran biaya tiap semesternya dimulai dari Rp 0, Rp 8 juta, Rp 12 juta, hingga yang termahal Rp 20 juta. Sedangkan untuk fakultas diluar SBM, biaya yang dibebankan berkisar Rp 0 hingga 12,5 juta tiap semester.

Institut Pertanian Bogor

Terkenal sebagai kota hujan, Bogor memiliki sebuah perguruan tinggi yang sangat populer lantaran kualitas pengajarnya terbilang sangat baik yaitu Institut Pertanian Bogor. Beberapa orang kenamaan Indonesia seperti Susilo Bambang Yudhoyono, mendiang Sutopo Purwo Nugroho, dan Siti Nurbaya Bakar merupakan jebolan dari kampus beralmamater biru ini.

Dilansir dari beberapa sumber yang tersedia, setidaknya ada 5 program studi unggulan di kampus IPB yang banyak diburu lulusan SMA saat SBMPTN, yakni Ilmu Gizi (total peminat 2.480 orang), Agribisnis (total peminat 2.274 orang), Ilmu Komputer (total peminat 2.184 orang), Manajemen (total peminat 1.920), serta Teknik Sipil dan Lingkungan (total peminat 1.753 orang).

Baca Juga: Cara Cepat Pinjam Uang Rp 30 Juta untuk Biaya Kuliah Anak di Luar Negeri

Universitas Gadjah Mada

Beralih dari sekitaran Jabodetabek, di Jogja terdapat sebuah kampus negeri terbaik dan pertama yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia setelah masa kemerdekaaan, yaitu Universitas Gadjah Mada.

Menempati posisi keempat setelah IPB versi Times Higher Education (THE), UGM berhasil masuk dalam peringkat 301-350 dengan penilaian yakni total skor (18,4-20,6), kutipan jurnal (12,8), pendapatan industri (61,2), pandangan internasional (32,9), penelitian (12,1), dan pengajaran (22,6).

Fakultas dan program studi yang tersedia di UGM sangat beragam, setidaknya berjumlah 19 fakultas dengan 69 program studi, meliputi:
Fakultas Biologi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Farmasi
Fakultas Filsafat
Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Hewan
Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Pertanian
Fakultas Pertanian
Fakultas Peternakan
Fakultas Psikologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Kehutanan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Fakultas Ilmu Budaya
Fakultas Filsafat
Fakultas Hukum
Fakultas Geografi

Selain memiliki banyak program studi, kampus tertua di Indonesia ini juga memiliki segudang prestasi membanggakan, salah satunya penghargaan yang baru saja disabet UGM dengan predikat website terbaik dalam pelayanan informasi melalui internet dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) pada awal Januari 2019 lalu.

Institut Sepuluh November Surabaya

Kampus yang didirikan pada 10 November 1957 di Surabaya, Jawa Timur ini juga tak mau ketinggalan dalam meraih predikat universitas terbaik se-Asia versi THE. Dalam pemeringkatan tersebut, ITS berhasil mendapatkan skor tertinggi dibidang kutipan jurnal ilmiah yaitu sebesar 20,6 dibandingkan keempat universitas di Indonesia yang masuk dalam daftar THE.

Beberapa ulasan di internet juga menyebutkan kampus pejuang ini memiliki 5 fakultas keren yang mana memiliki prospek kerja menjanjikan selepas mendapat gelar sarjana, yakni Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), Fakultas Teknologi Informasi (FTIF), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Untuk bisa mengemban pendidikan di ITS, setidaknya kamu bisa mengikuti 2 jalur penerimaan calon mahasiswa melalui Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).

Program Kemitraan

Program ini ditujukan bagi siswa SMA/MA/SMK sederajat yang sesuai dengan syarat dan ketentuan dari ITS (utusan instansi mitra)

Program Mandiri

Program ini ditujukan bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang sesuai dengan syarat dan ketentuan ITS untuk masyarakat umum yang berminat.

Mempersiapkan rencana kuliah sejak duduk dibangku SMA merupakan sebuah kewajiban yang perlu kamu bicarakan dengan orangtua. Segala sesuatunya perlu dipersiapkan dengan matang, mulai dari les untuk persiapan seleksi masuk, biaya kuliah tiap semester, hingga biaya hidup beserta tempat tinggal selama kamu merantau di kota orang.

Untuk itu biasaya setiap orangtua memerlukan biaya tambahan berupa pinjaman dana pendidikan kuliah demi kesuksesan hidup anaknya kelak. Mengajukan pinjaman dana pun saat ini terbilang sangat mudah apalagi bisa dilakukan secara online melalui layanan fintech yang terpercaya dan sudah mengantongi izin dari OJK yaitu https://www.cekaja.com/kredit-pendidikan.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *