Beri Kuliah Umum di Unhan, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio Jelaskan Pengaruh Geo-Maritim Kawasan Terhadap Diplomasi dan Pertahanan

by -454 views
Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Pertahanan
Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Pertahanan. Foto: Istimewa
Banner

Bogor, indomaritim.id – Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) di Gedung Auditorium, Kampus Unhan, Kawasan IPSC, Sentul , Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/8/2019.)

Pada kuliah umum yang dibuka oleh Rektor Unhan Letjen TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.AP., Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio yang juga Guru Besar Universitas Pertahanan ini membawakan tema ‘Pengaruh Geo-Maritim Kawasan terhadap Diplomasi dan Pertahanan Maritim’.

Baca Juga: Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio: TSS Selat Sunda dan Lombok Implementasi Indonesia Poros Maritim Dunia

Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio menyebut pendekatan Triple C untuk membangun Indonesia sebagai negara maritim.


“C yang pertama adalah contour atau tata ruang dimana pendekatan pembangunan Maritim bukan kontinental,” ujarnya.

“Sedangkan C yang kedua Content atau isi, dimana membangun infrastruktur di kawasan tengah dan timur Indonesia,” lanjut Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio.

“Dan C yang ketiga Conduct yang bermakna tata laku, yaitu membangun karakter insan bahari menumbuhkan kesadaran maritim menjadi bagian awal tata laku pembangunan maritim,” ujarnya.

“Tinjauan ruang, isi dan tata laku ini sebagai visi maritim bangsa dalam bingkai wawasan nusantara sebagai landasan pembangunan nasional,” kata Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Lihat juga galeri foto kunjungan dan kuliah umum Laksamanan (Purn) Marsetio di Universitas Pertahanan (Unhan) di Gedung Auditorium, Kampus Unhan, Kawasan IPSC, dengan klik tombol ‘Next Page’ dibawah ini: