Bhabin Perairan Ajak Nelayan Budidaya Jahe Merah

by -105 views
Bhabin Perairan Rayon D wilayah Desa Batu Belubang dan Tanjung Gunung, Bangka Tengah, Bripka M. Aan Firmansyah, berkerja sama dengan nelayan dan penyuluh pertanian, membuat media tanam untuk pembudidayaan Jahe Merah. Foto: Romlan/indomaritim.id
Bhabin Perairan Rayon D wilayah Desa Batu Belubang dan Tanjung Gunung, Bangka Tengah, Bripka M. Aan Firmansyah, berkerja sama dengan nelayan dan penyuluh pertanian, membuat media tanam untuk pembudidayaan Jahe Merah. Foto: Romlan/indomaritim.id

Bangka Tengah, indomaritim.id – Bhabin Perairan Rayon D wilayah Desa Batu Belubang dan Tanjung Gunung, Bangka Tengah, Bripka M. Aan Firmansyah, berkerja sama dengan nelayan dan penyuluh pertanian, membuat media tanam untuk pembudidayaan Jahe Merah yang nanti akan dikelola oleh nelayan.

Kegiatan itu dilaksanakan di kediaman Ketua RT 12 Dusun Tapak Antu, Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (22/3/2021).

Bahan campuran media tanam yang dipersiapkan yaitu Tanah Humus, Sekam Bakar, Pupuk Kandang, Kapur Dolomit dan Kantong Polybek.

Semua bahan dicampur jadi satu, kemudian dimasukan kedalam polybek. Media tanam yang sudah siap disusun dan didiamkan selama satu minggu, untuk menurunkan kadar keasamannya. Bahan campuran media tanam itu harus disiram setiap hari, sambil menunggu bibit Jahe Merah yang disemai siap untuk ditanam.

Direktur Polairud Polda Babel, melalui Kasatrol AKBP Andreas Purwanto mengungkapkan, Bhabin Perairan mengajak nelayan untuk membudidayakan Jahe Merah untuk kesejahteraan nelayan.

“Tujuan untuk membantu nelayan. Agar ketika para nelayan sewaktu-waktu tidak bisa mencari ikan di laut, mereka bisa memanfaaatkan waktu luang dengan bercocok tanam, salah satunya Jahe Merah. Nanti hasil dari penanaman Jahe Merah bisa untuk menunjang perekonomian mereka di saat musim angin barat dan utara, yang mana usia panen jahe merah sekitar 8 bulan,” ungkap Andreas.

Andreas menambahkan, Bhabin Perairan juga menyampaikan kepada nelayan, agar berhati-hato para saat melaut, dan selalu melengkapi alat keselamatan di perahu.

“Apabila pada saat melaut melihat kejadian musibah atau tindak pidana, agar segera menghubungi Kontak POLSANE atau Bhabin Perairan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Andreas, Bhabin Perairan juga mengimbau nelayan pesisir tetap mematuhi protokol kesehatan, apabila melaksanakan aktifitas di luar rumah, guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Nelayan juga diimbau tetap menjaga situasi akamtibmas di wilayah pesisir Desa Batu belubang, yang saat ini masih kondusif,” demikian Andreas menjelaskan.

Reporter Biro Pangkal Pinang: Romlan
Editor: Mulyono Sri Hutomo

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *