Dampak Positif dan Negatif Globalisasi, Begini Penjelasannya

by -204,082 views
Dampak Positif dan Negatif Globalisasi, Begini Penjelasannya
Dampak Positif dan Negatif Globalisasi, Begini Penjelasannya

Dampak positif dan negatif globalisasi dapat kita rasakan disekeliling. Globalisasi adalah proses integrasi ke ruang lingkup dunia. Kemajuan teknologi dan transportasi, membuat hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas-batas ketatanegaraan. Kata globalisasi diambil dari global yang maknanya universal.

Secara fisik, globalisasi ditandai dengan perkembangan kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan kota dunia melalui transpotasi udara. Coba bayangkan, bagaimana cepatnya penerbangan dari Jakarta menuju Kuala Lumpur di Malaysia. Atau dari Denpasar, Bali menuju Sydney di Australia dan sebaliknya.

Menyatunya antar kota di berbagai belahan dunia, dapat dilihat dari infrastruktur telekomunikasi, jaringan transportasi, perusahaan-perusahaan berskala internasional serta cabang-cabangnya.

Proses perkembangan globalisasi pada awalnya ditandai kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bidang tersebut merupakan penggerak globalisasi.Dari kemajuan bidang ini kemudian mempengaruhi sektor-sektor lain dalam kehidupan, seperti bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain.

Dampak Positif Globalisasi

Dampak positif globalisasi adalah kita jadi lebih mudah dan nyaman. Globalisasi mampu menghubungkan antar invididu di berbagai belahan dunia. Berikut dampak positif globalisasi:

Komunikasi dan Transportasi Manusia Semakin Dinamis

Pernahkah kamu mengunjungi bandara udara atau pelabuhan? Disana kamu akan melihat hilir mudik orang naik pesawat terbang dan kapal laut untuk bepergian ke antar negara.

Teknologi perkapalan, mampu mengirimkan ribuan ton barang melalui laut untuk perdagangan internasinal.
Ya, kemajuan teknologi transportasi membuat semuanya semakin dekat. Jarak antar negara hanya perlu dijangkau dalam waktu beberapa jam saja.

Terbukanya Lapangan Kerja

Adanya kecenderungan perusahaan asing memindahkan operasi produksi perusahaannya ke negara-negara berkembang dengan pertimbangan keuntungan geografis. Perpindahan pabrik untuk produksi barang dan jasa ini tentu membuk peluang lapangan kerja bagi penduduk sekitar pabrik tersebut.

Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat.

Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif. Sebaliknya, juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.

Baca Juga: Fakta Globalisasi di Sekitar Kita dan Contohnya

Meningkatnya Toleransi dan Semangat Membantu Antar Manusia di Dunia

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

Kemajuan teknologi komputer dan internet, membuat kita cepat mengetahui infomasi Olimpiade di Amerika Serikat. Website berita dengan kemampuan internet, mampu menayangkan siaran langsung ibadah haji di Arab Saudi.

Kita juga semakin empati terhadap penderitaan yang dirasakan penduduk bangsa lain yang tertimpa musibah. Demikian juga sebaliknya.

Contohnya, saat terjadi bencana tsunami di Aceh. Banyak negara yang dengan cepat mengirimkan bantuan pangan, obat-obatan dan tenaga medis untuk membantu korban bencana.

Makin Banyak Negara Menganut Sistem Demokrasi

Dari makna kata, demokrasi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari demos dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan rakyat.

Demokrasi merupakan sebuah bentuk pemerintahan yang seluruh rakyatnya memiliki kesetaraan hak dalam keputusan yang dapat mempengaruhi kehidupan warga negara

Globalisasi memberikan harapan bahwa demokrasi akan dapat bersinergi positif dengan pasar bebas dalam lingkup kesejahteraan negara bangsa.

Memperkaya Unsur Kultural Bangsa

Interaksi antar negara, membuat meningkatkan pembelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju.

Dengan demikian, terjadi alkulturasi budaya antara suku bangsa, antar ras yang semakin memperkaya budaya.

Peran Aktif Warga Negara

Teknologi informasi membuat warga negara cepat mengetahui apa yang terjadi sekaligus membandingkannya dengan negara lain. Degan peran aktif warga negara maka regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.

Juga semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

Dampak positif globalisasi dalam kehidupan bangsa Indonesia adalah:

Globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan :

a. Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia.
b. Regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
c. Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

Jadi, apa saja dampak positif dari globalisasi? Penjelasan diatas cukup lengkap. Satu diantaranya, dampak positif dari globalisasi adalah membuat masyarakat memiliki sifat kreatif, inovatif, terbuka terhadap perubahan dan bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan dengan dibantu teknologi informasi.

Dampak Positif Globalisasi Bidang Sosial Budaya

Meningkatkan pembelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju.

Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.

Kita telah membahas dampak positif dari globalisasi. Sekarang, mari kita bahas damapak negatifnya agar dampak positif dan negatif globalisasi menjadi lebih jelas.

Dampak Negatif Globalisasi

Globalisasi, khususnya dalam bidang ekonomi membawa dampak yang sangat besar. Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan ketika negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara.

Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat.

Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif. Sebaliknya, juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. Hal tersebut tentu saja selain menjadi keuntungan, juga menjadi ancaman bagi kedaulatan ekonomi suatu negara.

Adapun pengaruh negatif globalisasi ekonomi yang dapat menjadi ancaman kedaulatan Indonesia, khususnya dalam bidang ekonomi di antaranya sebagai berikut:

Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar negeri 

Dengan adanya perdagangan bebas yang tidak mengenal adanya batas-batas negara, akan mengakibatkan semakin terdesaknya barang-barang lokal terutama yang tradisional, karena kalah bersaing dengan barangbarang dari luar negeri.

Penguasaan Modal oleh Asing 

Cepat atau lambat perekonomian negara kita akan dikuasai oleh pihak asing, seiring dengan semakin mudahnya orang asing menanamkan modalnya di Indonesia.

Kesenjangan Sosial 

Persaingan bebas tersebut akan menimbulkan adanya pelaku ekonomi yang kalah dan yang menang. Pihak yang menang akan dengan leluasa memonopoli pasar, sedangkan yang kalah akan menjadi penonton yang senantiasa tertindas.

Berkurangnya Subsidi untuk Rakyat

Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang, koperasi semakin sulit berkembang, dan penyerapan tenaga kerja dengan pola padat karya semakin ditinggalkan sehingga angka pengangguran dan kemiskinan sulit dikendalikan.

Baca Juga: Peran Listrik di Era Globalisasi

Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang

Apabila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara maka dalam jangka pendek pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil. Dalam jangka panjang pertumbuhan yang seperti ini akan mengurangi lajunya pertumbuhan ekonomi.

Pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan semakin lambat pertumbuhannya dan masalah pengangguran tidak dapat diatasi atau malah semakin memburuk. Pada akhirnya, apabila globalisasi menimbulkan efek buruk kepada prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang suatu negara, distribusi pendapatan menjadi semakin tidak adil dan masalah sosial ekonomi masyarakat semakin bertambah buruk.

Dampak Negatif Globalisasi Bidang Sosial Budaya

Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui Internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat menjadi satu dari dampak positif dan negatif globalisasi.

Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup individualisme.

Contoh sederhana dengan teknologi internet, antene parabola dan TV, orang di belahan bumi manapun akan dapat mengakses berita dari belahan dunia yang lain secara cepat.

Hal ini akan terjadi interaksi antarmasyarakat dunia secara luas, yang akhirnya akan saling mempengaruhi satu sama lain, terutama pada kebudayaan daerah,seperti kebudayaan gotong royong,menjenguk tetangga sakit dan lain-lain. Globalisasi juga berpengaruh terhadap pemuda dalam kehidupan sehari-hari, seperti budaya berpakaian, gaya rambut dan sebagainya.

Baca Juga: Tanda Globalisasi yang Ada di Lingkungan Masyarakat

Globalisasi Dan Peluang Usaha

Memulai usaha digerakkan oleh semangat dan kecintaan. Karena itu jangan pernah ragu untuk memulai. Semakin cepat memulai semakin baik dan semakin cepat terlihat hasilnya.

Proses untuk mengembangkan sebuah usaha baru terjadi pada proses kewirausahaan melibatkan lebih dari sekedar penyelesaian masalah dalam suatu posisi manajemen.

Seorang pengusaha harus menemukan, mengevaluasi, dan mengembangkan sebuah peluang dengan mengatasi kekuatan yang menghalangi terciptanya suatu yang baru.

Proses ini memilki empat tahap yang berbeda:

  • Identifikasi dan evaluasi peluang
  • Pengembangan rencana bisnis
  • Penetapan sumber daya yang dibutuhkan
  • Manajemen perusahaan yang dihasilkan

Kemampuan berwirausaha di dasari atas sebuah kepentingan membaca peluang untuk pengembangan sebuah usaha, tersedianya cukup waktu untuk mengimprofisasikan kreatifitas usahanya, dan dorongan yang kuat dalam menguasai pasar.

Jadi, ada empat aspek dasar menjadi seorang wirausaha, yaitu:

  1. Melibatkan proses penciptaan dan menciptakan suatu nilai baru
  2. Menuntut sejumlah waktu dan upaya yang dibutuhkan
  3. Melibatkan seseorang menjadi pengusaha, penghargaan yang paling penting adalah kebebasan, lalu kepuasan pribadi,
  4. Seorang wirausaha akan merespon dan menciptakan perubahan melalui tindakan. Tindakan kewirausahaan menyatu pada perilaku sebagai bentuk tanggapan atas keputusan yang didasarkan pada pertimbangan ketidakpastian mengenai peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Berikut tips memulai bisnis untuk generasi muda ditengah globalisasi:

Memulai dari Hobi yang Bernilai Jual

Kamu mungkin memiliki banyak hobi, namun pasti ada yang paling disukai dan kerap dilirik untuk dibeli orang. Menjahit baju sendiri misalnya, apakah ada tetangga atau kawan yang pernah memuji baju kamy dan diminta menjahitkan baju untuk mereka?

Hobi membuat kue kering misalnya, apakah ada yang memuji kue kering kamu dan meminta kamu membuatkan kue pada perayaan tertentu? Jika iya, bisnis dapat dimulai dari hobi tadi.

Menjual Hobi

Cara paling mudah untuk memulai bisnis dari hobi adalah mengajarkan hoi kamu tadi. Kamu pandai bermain musik, maka bukalah les musik privat. Kamu pandai berenang, mulailah memberi les berenang pada anak-anak.

Cara lain menjual hobi bisa tanpa modal misalnya, cukup kabarkan ke teman, kerabat, atau woro-woro di media sosial bahwa kamu akan membuka les atau kursus.

Kenali Pangsa Pasar

Jika kamu hendak membuka kursus senam, kamu harus tahu target peserta kursus. Apakah ibu-ibu yang mengalami masalah berat badan, anak-anak, atau pekerja kantoran yang sibuk. Globalisasi membuat terbukanya pasar dari dalam dan luar negeri, itulah dampak positif dan negatif globalisasi.

Dengan begitu kamutahu bagaimana memasarkan bisnis kamu tadi.

Buang Rasa Malu

Mungkin kamu terbiasa dengan gaji tetap sebagai karyawan kantor atau menerima uang bulanan secara tetap. Ketika memulai bisnis sendiri dengan skala kecil, akan terasa aneh, sungkan, jika menawarkan jasa atau produk kamu ke orang lain.

Sikap malu ini harus dipangkas agar bisnis cepat maju. Selama bisnis kamu baik, tidak menipu, tak usah malu menawarkannya ke orang lain.

Jika ditolak, anggap saja angin lalu. Dengan usaha yang gigih, produk dan pelayanan yang baik, bisnis kamu pasti berhasil.

Mental Harus Kuat

Agar bisnis awet dibutuhkan mental setebal baja. Ada kalanya sepi permintaan, maka jangan langsung menutup bisnis atau berganti dengan bisnis baru.

Justru saat sepi dapat digunakan untuk memperdalam ilmu bisnis kamu atau belajar membuka pasar baru.

Perluas Wawasan dan Terus Belajar

Jika kamu berjualan kue kering, jangan terpaku membuat kue jenis itu-itu saja. Mulai belajar untuk membuat kue atau penganan lain guna memperluas usaha dan menambah pemasukan.

Kamu bisa mengikuti beragam kelas pelatihan membuat roti dan kue. Tak hanya menambah wawasan, dengan mengikuti kelas tatap muka semacam ini, relasi kamu akan bertambah dan tak menutup kemunkinan untuk menjadi rekan bisnis dimasa datang.

Jika kamu menyewakan peralatan outdoor, kenali jenis peralatan outdoor lainnya, baik dari bahan, kualitas, harga, sehingga kamu dapat melayani pelanggan dengan baik.

Perbanyak Koneksi

Dengan sering mengikuti pameran, bazaar, bersikap ramah dan terbuka, koneksi pun akan meluas. Jangan lupa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga YouTube untuk memperluas koneksi.

Tak ada salahnya, bila kamu juga memiliki akun di marketplace seperti Tokopedia atau BukaLapak. Selain sebagai sarana memperkenalkan beragam barang hasi hobi Anda, juga turut membantu prmosi secara gratis.

Bangun Website

Memilki website sendiri tak harus mengeluarkan banyak biaya. Selain sebagai saran promosi, kecanggihan teknologi website kini juga telah mengubahnya sebagai toko online lengkap dengan fasilitas pembayarannya.

Bila kamu tak begitu mahir menggunakan bahsa pemrograman html dan css, gunakan fasilitas yang disediakan oleh Content Management Syetem (CMS) seperti WordPress, Joomla, Drupal, PrestaShop sampai Magento.

Nah, mulai sekarang jangan tunggu waktu. Mulai putuskan hobi apa yang akan kamu ubah menjadi bisnis. Sederhana bukan? Itulah dampak positif dan negatif dari globalisasi.

ADVERTISEMENT

2 thoughts on “Dampak Positif dan Negatif Globalisasi, Begini Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *