Diaspora Indonesia di Slowakia Rayakan Lebaran Bersama di Bratislava

by -147 views
Diaspora Indonesia yang berada di Slowakia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Wisma Duta, KBRI Bratislava. Foto: KBRI Bratislava
Diaspora Indonesia yang berada di Slowakia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Wisma Duta, KBRI Bratislava. Foto: KBRI Bratislava

Bratislavaindomaritim.id – Warga Negara Indonesia yang berada di Slowakia merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Wisma Duta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Bratislava dengan berkumpul dan bersilaturahmi bersama.

Kegiatan open house Lebaran 2019 berlangsung sejak pukul 11.00 hingga pukul 14.00 waktu setempat yang dihadiri oleh lebih dari 50 orang WNI dan undangan.

“Momen merayakan Lebaran bersama dan menikmati hidangan lebaran merupakan suatu kebahagiaan tersendiri mengingat Slowakia relatif jauh dari Indonesia,” kata Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Slowakia, H.E. Adiyatwidi Adiwoso Asmady.

Baca Juga: Hari Kedua Idul Fitri, Presiden Joko Widodo Bersilaturahmi dengan Masyarakat Yogyakarta

“Sehingga momen ini juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi dengan sesama masyarakat Indonesia lainnya,” lanjutnya.

H.E. Adiyatwidi Adiwoso menambahkan, penyelenggaraan open house di Wisma Duta KBRI juga dihadiri oleh Duta Besar Jepang untuk Slowakia dan istri.

Penyelenggaraan open house di Wisma Duta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Bratislava dilaksanakan tanggal Minggu, (9/6/2019) karena Hari Raya Idul Fitri di Slowakia jatuh pada hari Selasa, (4/6/2019).

Baca Juga: Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Gelar Halal Bihalal Dengan Prajurit Mabes AL

Mempertimbangkan bahwa Hari Raya Idul Fitri bukan hari libur nasional Slowakia dan mayoritas WNI libur pada hari Minggu, maka KBRI Bratislava menyelenggarakan open house pada hari Minggu, (9/6/2019) agar lebih banyak diaspora Indonesia yang dapat hadir.

Warga Indonesia dan tamu yang hadir di KBRI Bratislava menikmati berbagai hidangan khas lebaran yang disajikan seperti lontong sayur, rendang, sambel goreng kentang, bakso, opor ayam, sate padang, pempek, siomay, asinan, ketan, dan berbagai macam kue-kue kering dan basah, serta minuman khas Indonesia.

Serangkaian kegiatan di bulan Ramadan hingga hari raya telah dilaksanakan oleh KBRI Bratislava. Di bulan Ramadan, KBRI Bratislava menyelenggarakan ceramah agama dengan menghadirkan imam masjid dari New York, Amerika Serikat, Ust. Ali Syamsi.

Selain itu, KBRI Bratislava juga menjadwalkan pertemuan dengan imam di Cordoba Islamic Center untuk memberikan ceramah agama dan menjadi imam shalat tarawih.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *