Diplomasi Maritim Akhir Tahun, Laksamana Madya A. Taufiq R Kunjungi Indian Coast Guard

by -253 views
Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksamana Madya A. Taufiq R., melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka memperkenalkan diri dan melaksanakan High Level Meeting antara Indian Coast Guard (ICG) dan Indonesia Coast Guard/Bakamla, di Markas Besar Indian Coast Guard, New Delhi, India. Foto: Humas Bakamla
Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksamana Madya A. Taufiq R., melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka memperkenalkan diri dan melaksanakan High Level Meeting antara Indian Coast Guard (ICG) dan Indonesia Coast Guard/Bakamla, di Markas Besar Indian Coast Guard, New Delhi, India. Foto: Humas Bakamla

New Delhi, Indomaritim.id – Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksamana Madya A. Taufiq R., melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka memperkenalkan diri dan melaksanakan High Level Meeting antara Indian Coast Guard (ICG) dan Indonesia Coast Guard/Bakamla, di Markas Besar Indian Coast Guard, New Delhi, India, (17/12/2018).

Kunjungan tersebut juga sebagai bentuk dukungan untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menunjukkan komitmen Indonesia dalam Pernyataan Bersama ‘Establishing Comprehensive Strategic Partnership between Indonesia and India’ dan ‘The Statement on Shared Vision of India-Indonesia Maritime Cooperation in The Indo-Pacific’ oleh Presiden RI dan Perdana Menteri India pada saat kunjungan kenegaraan 29 Mei lalu di Jakarta.

Melalui siaran pers yang diterima Redaksi Telaah Stratgis, kunjungan tersebut juga merupakan bentuk pelaksanaan arahan Presiden RI untuk mengembangkan Bakamla agar dapat melaksanakan fungsi Coast Guard. Hal ini dituangkan dalam Surat Sekretariat Kabinet No : B.551/Seskab/9/2015 tanggal 30 September 2015.

Disamping itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk peningkatan kerjasama regional dalam bidang keamanan maritim. Bakamla beserta Indian Coast Guard menyadari bahwa mereka memiliki ancaman di laut yang sama. Karenanya, dibutuhkan kerja sama yang melekat demi tetap terpeliharanya keamanan laut. Kehadirannya di India, Kepala Bakamla disambut oleh Pasukan Kehormatan Indian Coast Guard.

Dalam Pertemuan Tingkat Tinggi, Direktur Jenderal ICG Vice Admiral Rajendra Singh dan Laksamana Madya A. Taufiq R. membahas dan menyepakati beberapa hal, antara lain: penghargaan setinggi-tingginya atas kunjungan pertama Kepala Bakamla ke India setelah dilantik. Hal ini menunjukkan penekanan atas pentingnya kerja sama antara ICG dan Bakamla; percepatan finalisasi Memorandum of Understanding (MoU) Keamanan Maritim antara ICG dan Bakamla. Hal ini digunakan sebagai dasar penguatan kerja sama dalam pertukaran informasi, pembentukan jalur komunikasi (hotline), penetapan single point of contact, patroli terkoordinasi, latihan bersama, dan kegiatan peningkatan kapasitas lainnya.

Juga dihasilkan partisipasi Bakamla sebagai observer dalam National Level Pollution Response Exercise (NATPOLREX) yang dilaksanakan oleh ICG di Mumbai, 7/1/2019, yang akan datang. NATPOLREX dilaksanakan ICG dengan mengundang observer dari komunitas Coast Guard negara-negara tetangga; pelaksanaan Table Top Exercise, sekaligus kunjungan dari Kapal Patroli Bakamla di Port Blair, India, Mei 2019 yang akan datang; pernyataan saling mendukung dalam inisiatif penguatan kerja sama pada forum Head of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM).

Usulan Bakamla terkait partisipasi Bakamla dan ICG dalam Patroli Terkoordinasi India-Indonesia, atau yang disebut Patkor Indindo. Usulan ini khususnya memberi penekanan mengenai fungsi-fungsi Coast Guard. Hal ini langsung disepakati untuk ditindaklanjuti oleh kedua instansi, sesuai dengan prosedur yang berlaku; dan undangan Bakamla kepada ICG untuk berpartisipasi dalam Maritime Security Desktop Exercise (MSDE), dan Latihan Penegakkan Hukum di Laut sebagai salah satu bentuk realisasi pilar Capacity Building dalam forum HACGAM di Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC), Semarang.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen ICG menyerahkan dokumen publikasi dan panduan pelaksanaan pencemaran di laut yang telah disusun oleh ICG. Dokumen ini merupakan salah satu bentuk pertukaran informasi dan penguatan kapasitas yang langsung dilaksanakan oleh ICG dan Bakamla.

Selanjutnya Kepala Bakamla dan delegasi lainnya melanjutkan kunjungan ke Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM), dan Vietnam Coast Guard. APMM sendiri selain memiliki tugas dan fungsi yang sama dengan Bakamla, juga merupakan sebuah lembaga yang tumbuh menjadi salah satu Coast Guard terbesar di Asia Tenggara.

Turut mendampingi Kepala Bakamla dalam kegiatan ini antara lain: Direktur Kerja Sama Laksma Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H.; Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos.; Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Sc.; Kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Bakamla Ridwansyah; serta sejumlah staf lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *