Galeri Foto: Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio Narasumber Seminar Maritim di Universitas Sam Ratulangi

by -105 views
Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio pada Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum, Universitas Sam Ratulangi. Foto: Istimewa
Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio pada Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum, Universitas Sam Ratulangi. Foto: Istimewa

Manado, indomaritim.id – Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, Kepala Staf TNI Angkatan Laut periode 2012 hingga 2015 dan Guru Besar Ilmu Pertahanan Universitas Pertahanan menjadi narasumber pada Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (9/8/2019).

Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio yang saat ini menjadi Penasihat Khusus Menko Maritim Bid. Hankamneg mengungkapkan Indonesia tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis global maupun regional. Untuk itu ada sejumlah tantangan yang menjadi pertimbangan dalam menyusun konsep TNI ke depan ini.

Baca Juga: Berbicara di Forum IKAHAN dan SAG, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio Paparkan Visi Maritim Indonesia

“Dalam hal keamanan regional hal yang menjadi perhatian saat ini adalah tentang keamanan di kawasan Indo Pasifik terutama terkait dengan kontestasi antara Tiongkok dan Amerika Serikat khususnya di Laut Cina Selatan dan dampaknya bagi keamanan dan stabilitas nasional dan regional,” ujarnya.

“Persaingan pengaruh global di atas mengindikasikan peran strategis Samudera Hindia dan Pasifik dalam geopolitik dunia. Dinamika kontestasi tersebut mewarnai isu keamanan kawasan Indo-Pasifik yang turut memengaruhi negara-negara lainnya di kawasan,” lanjut Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Lihat juga galeri foto Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum, Universitas Sam Ratulangi dengan klik tombol ‘Next Page’ dibawah ini: