Garap Film Tentang Kolintang, Pinkan Indonesia Siap Bawa Kolintang Jadi Warisan Budaya Dunia

by -395 views
Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia
Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia. Foto: Istimewa

Jakarta, indomaritim.id – Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia bersama Yayasan Stuppa Indonesia sedang merampungkan pembuatan film dokumenter tentang kolintang. Film ini juga menjadi bukti komitmen Pinkan membawa alat musik kolintang kayu ke UNESCO untuk mendapat pengakuan sebagai warisan budaya dunia.

“Film ini dibuat sebagai persyaratan dukungan ke Asia Pasifik dan UNESCO juga sebagai referensi bahwa Kolintang adalah milik NKRI yang dimiliki seluruh wilayah NKRI, Sulut khususnya,” ujar Penny Marsetio, Ketua Umum Pinkan Indonesia kepada indomaritim.id di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Baca Juga: Olly Dondokambey Dukung Persatuan Insan Kolintang Nasional Jadikan Kolintang Warisan Budaya Dunia

Penny Marsetio yang juga mantan Ketua Umum Jalasenastri 2012 sampai dengan 2015 dan juga Ketua Bidang 5 di Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ini menambahkan, film dokumenter ini juga melibatkan segenap unsur yang berkaitan dengan alat musik kolintang kayu, diantaranya meliputi pengrajin, pelatih, pemain, dan pemerhati kesenian lainnya.

“Segenap pengurus akan tetap berjalan kedepan sebagai PINKAN Indonesia, sesuai dengan visi dan misi berkesinambungan melakukan gerakan budaya bersama para insan kolintang, serta merefleksikan nilai-nilai organisasi ini sebagai pemersatu bangsa, pemersatu budaya, pemersatu insan seni musik kolintang dan menjunjung tinggi citra bangsa berbudaya,” lanjut Penny Marsetio yang kini banyak bergelut di kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Hal-hal itu pun ditunjukkan melalui berbagai kegiatan, antara lain festival dan lomba ansambel musik kolintang kayu, hadir dalam berbagai kegiatan dan mendukung program pemeritah dalam memperkenalkan seni dan kebudayaan Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga: Anugerah Piala Inspirasi Jalasenastri 2019 Digelar di Jakarta

Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia mendapat dukungan dari Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey untuk menjadikan kulintang sebagai warisan dunia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatio (UNESCO).

Dukungan Olly Dondokambey disampaikan saat menerima kunjungan Ketua Umum Pinkan, Penny Iriana Marsetio di ruang kerja Gubernur, Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berjanji akan membantu Pinkan Indonesia dalam upaya pelestarian Kolintang, serta sama-sama bersinergi dalam proses pendaftaran Kolintang sebagai warisan dunia ke Unesco.

“Sampaikan saja apa yang diperlukan, kami akan bantu,” kata Olly Dondokambey.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga