Hadapi Musim Mudik dan Balik, Pertamina Pastikan Stok BBM Jalur Tol Trans Jawa Cukup

by -59 views
Ilustrasi. Foto: istimewa

Jakarta, indomaritim.id – PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan BBM sepanjang jalur tol Trans Jawa cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan selama arus mudik dan arus balik pada masa Idul Fitri 1440 H.

“Kami berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman melalui siaran pers, di Jakarta Sabtu (11/5/2019).

Baca Juga: Gandeng Pertamina Lubricants, TNI AL Gelar Sosialisasi Minyak Pelumas Mesin Kapal

Ia menambahkan, pihaknya menyiapkan setidaknya 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Pasuruan. Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dipenser (Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga.

“Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM,” kata Fajriyah Usman.

“Diharapkan dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,” ujarnya.

Tak hanya memastikan kesiapan stok bahan bakar minyak, Fajriyah Usman menjelaskan Pertamina juga menyiapkan sembilan titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang merasa lelah.

Baca Juga: Lagi, Patroli Laut Bakamla Tangkap Kapal Diduga Transfer BBM Ilegal

“Mengingat keselamatan berkendara adalah yang utama, maka kami menyarankan pemudik untuk beristirahat cukup di sela-sela perjalanan jauhnya. Salah satunya bisa mampir di Rumah Pertamina Siaga yang tersedia di beberapa titik yang bisa diketahui melalui aplikasi MyPertamina dan WAZE. Layanan ini tersedia mulai H-10 Idul Fitri,” ujar Fajriyah Usman memungkasi.

Persiapan Pertamina dalam menghadapi arus kendaraan yang mudik dan balik ditinjau langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Pemasaran Pertamina Mas’ud Khamid yang mengunjungi SPBU di jalur tol Surabaya-Semarang pada hari ini, Sabtu (11/5/2019).

Pada kesempatan tersebut, rombongan meninjau dua titik SPBU yaitu SPBU 575B Ngawi dan SPBU 519B Solo. Kedua SPBU tersebut sudah beroperasi dan dapat melayani kebutuhan BBM masyarakat yang melintasi jalur tol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *