HUT ke-10 Persatuan Insan Kolintang Nasional, Siap Bawa Kolintang Jadi Warisan Dunia

by -129 views
HUT satu dasawarsa Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN Indonesia), di Gedung Wayang Orang Bharata, Senen, Jakarta Pusat. Foto: istimewa
HUT satu dasawarsa Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN Indonesia), di Gedung Wayang Orang Bharata, Senen, Jakarta Pusat. Foto: istimewa

Jakarta, indomaritim.id – Memperingati Hari Ulang Tahun ke-10, Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN Indonesia) menggelar bakti sosial, penyerahan alat kolintang kepada lembaga penyiaran publik dan peluncuran website dalam rangka HUT satu dasawarsa, di Gedung Wayang Orang Bharata, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (2/3/2021).

Pada acara tersebut, DPP Pinkan juga meluncurkan situs Pinkan Indonesia oleh Ny Penny Marsetio selaku Ketua Umum Pinkan Indonesia. Turut hadir pada acara tersebut Dewan Pelindung PINKAN Indonesia ibu Lis Purnomo Yusgiantoro, Dewan Pembina PINKAN Indonesia, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio dan Dewan Pengurus PINKAN Indonesia.

Melalui siaran pers yang diterima redaksi, perayaan HUT ke-10, Pinkan Indonesia juga memberikan seperangkat alat kolintang kepada LPP RRI yang secara simbolis di terima oleh ketua LPP RRI Edriman Butar Butar.

Penyerahan satu set alat kolintang tersebut dimaksudkan untuk mengapresiasi dukungan Ansambel Musik Kolintang Kayu sebagai nominasi dari Indonesia menjadi warisan budaya tak benda di UNESCO.

Sebagaimana diketahui, Pinkan Indonesia lahir pada tanggal 27 Februari 2011 adalah organisasi tingkat pusat yang dibentuk oleh insan kolintang (pelatih, pengrajin, grup, pemerhati) sebagai wadah pelestarian dan pengembangan jenis musik tradisional yang unik milik Indonesia yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Pada penyerahan piala Lomba Kreatifitas Kolintang yang memperebutkan Piala Menteri Komunikasi dan Informatika beberapa waktu sebelumnya, Ketua Umum PINKAN, Penny Iriana Marsetio optimis alat musik kolintang akan mendapat pengakuan United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai warisan budaya dunia.

“Perlu peran aktif generasi millenial, agar turut serta untuk menjaga kelestarian keragaman warisan budaya tersebut. PINKAN juga mendorong alat musik kolintang masuk sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah,” kata Penny Iriana Marsetio.

Perayaan HUT Pinkan melalui virtual yang diikuti oleh seluruh insan kolintang dimanapun berada baik yang di Indonesia maupun perwakilan Pinkan Indonesia di mancanegara.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *