Jelang Lebaran, Pelabuhan Banyuwangi Gelar Latihan Bersama Tim Tanggap Darurat Selat Bali

by -61 views
latihan tanggap darurat yang dipusatkan di perairan Selat Bali
Latihan tanggap darurat yang dipusatkan di perairan Selat Bali. Foto: Dispenal
Banner

Banyuwangi, indomaritim.id – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) V menggelar latihan tanggap darurat yang dipusatkan di perairan Selat Bali dan dermaga penyeberangan PT.ASDP Ketapang Banyuwangi, Rabu (29/5/2019). Pada latihan ini, Lanal V menurunkan personil SAR dan sekoci karet.

Latihan ini sebagai menghadapi padatnya jalur penyeberangan pada saat Hari Raya Idul Fitri 2019 dengan melibatkan KSOP Tg.Wangi, Polairud Banyuwangi/Gilimanuk, ASDP Ketapang Glimanuk, Basarnas, KP3 ketapang, Kesehatan Pelabuhan dan Pemadam kebakaran.

Baca Juga: Pelindo III Bagikan Ribuan Paket Sembako Gratis

“Lanal Banyuwangi yang berdekatan dengan jalur Penyeberangan akan selalu siaga dalam mengahadapi setiap urgensi yang terjadi di perairan Selat Bali,” kata Komandan Lanal Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II, Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, S.H., M.Tr.Hanla., M.M.

Ia menambahkan, seluruh unsur di pelabuhan Banyuwangi akan memaksimalkan semua keampuan untuk mengamankan penyebrangan Selat Bali yang padat jelang Lebaran dan sebaliknya.

Dalam latihan ini, diskenariokan bahwa terjadi kebocoran pada kapal dan kapal mulai miring. Setelah menerima tanda darurat dari kapal, tim tanggab darurat perairan Selat Bali melaksanakan evakuasi penumpang ke darat. Kemudian di lanjutkan evakuasi medis.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *