Jumlah Turis Dunia Melewati 1 Miliar

by -76 views
Ilustrasi. Foto: Pixabay
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Jakarta, Indomaritim.id – Badan Pariwisata Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNWT membuat kabar mengejutkan. Laporan tahunan yang dirilis lembaga yang bermarkas di Madrid, Spanyol, itu menyebutkan untuk pertama kalinya jumlah turis dunia melewati 1 miliar pada 2017.

“Tahu 2017 merupakan tahun penuh ketidakpastian ekonomi di seluruh dunia, khususnya di zona pengguna mata uang euro,” kata Sekretaris Jenderal UNWTO Taleb Rifai, di Madrid.

“Tapi wisata internasional justru meningkat,” lanjutnya, Taleb pun memamerkan lonjakan turisme itu. Menurut dia, jumlah turis internasional naik 4 persen menjadi 1,035 miliar pada 2017. Angka ini jelas meningkat dari 996 juta pada 2016.

“Dari jumlah itu, kawasan Asia Pasifik mencatatkan kenaikan terbesar, sekitar 14 juta, dengan total 233 juta wisatawan,” ujar Taleb Rifai.

Kenaikan terbesar juga dirasakan di kawasan Afrika dengan angka sekitar 5 persen. Sebaliknya, kata Taleb, justru terjadi penurunan jumlah wisatawan di Timur Tengah selama 2017. “Penyebabnya, guncangan politik di sejumlah tempat, seperti Mesir dan Suriah,” ujarnya.

Namun yang terburuk terjadi pada 2009. Saat itu angka wisatawan turun hampir 4 persen lantaran maraknya wabah flu babi. “Itu merupakan angka terburuk dalam 60 tahun terakhir,” tutur Taleb.
Namun angka wisatawan kembali membaik satu tahun kemudian walaupun ada krisis ekonomi global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *