Kapal Ferry Guansa 8 Terbakar, Personil TNI AL dan Polairud Siap Bantu Evakuasi

oleh -121 views

BANGKA BARAT, INDOMARITIM.ID — Kapal Ferry Guansa 8 dengan rute pelayaran Tanjung Kalian Muntok – Tanjung Si Api-Api, Sumsel, dikabarkan terbakar di tengah laut saat dalam perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Si Api-Api, Senin (12/7).

Dikonfirmasi via sambungan ponselnya, Senin petang, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Bangka Belitung, Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, membenarkan kabar itu.

“Iya, tapi tempat kejadiannya lebih dekat ke Tanjung Si Api-Api, sudah dekat wilayah Sumsel. Sementara sudah ditangani oleh petugas di sana,” ungkap Dudik.

Dudik menuturkan, saat ini personil TNI AL Pos Pengamatan Muntok, dibawah Danpos Kapten Yuli, sudah standby menunggu perintah.

“Personil kita di Posmat Muntok tetap standby. Jika sewaktu-waktu diperlukan bantuan untuk evakuasi, personil kita siap membantu,” jelasnya.

Terpisah, Direktur Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Mochamad Zainul, juga membenarkan kabar terbakarnya Kapal Ferry Guansa 8.

“Itu kejadiannya sudah dekat Sumsel, bukan di wilayah kita (Babel) lagi. Tapi informasinya, untuk proses evakuasinya, kemungkinan dibawa ke Muntok, Bangka Barat. Tapi untuk lebih jelasnya, konfirmasi ke Kasat Polairud Polres Bangka Barat saja, mereka yang paham situasinya di sana,” beber Zainul via sambungan ponselnya, Senin malam.

Masih kata Zainul, anggota Direktorat Polairud yang BKO di Bangka Barat juga sudah standby, dan siap melaksanakan evakuasi jika diperlukan.

“Anggota Direktorat Polairud memang ada yang standby di sana. Yang BKO di Bangka Barat itu ada. Anggota kita siap jika diperlukan untuk membantu proses evakuasi,” demikian Zainul.

Kabar sebuah Kapal Ferry milik PT. ASDP Cabang Muntok mengalami kebakaran beredar di group WhatsApp wartawan. Bahkan, ada beberapa video yang direkam salah seorang penumpang wanita, memperlihatkan proses evakuasi sedang berlangsung.

” Ya Allah selamatkan lah ya Allah, selamatkan lah ya Allah, nyawo duluan. Biar lah yang lain pacak dicari lah,” ujar wanita dalam video tersebut. 

Kasat Polair Polres Bangka Barat, AKP Chandra Wijaya saat dikonfirmasi via telepon membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, ferry terbakar itu adalah Kapal Gunsa V yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, menuju Tanjung Api Api, Palembang, Senin ( 12/7 ).

Chandra menjelaskan, kapal ferry nahas tersebut berlayar sekitar pukul 14.00 WIB mengalami kebakaran di bagian mesin. Lokasi kejadiannya sudah mendekati perairan Palembang.

” Info yang baru kita terima salah satu mesin yang terbakar bukan kapalnya, sudah mendekati perairan Palembang dari Tanjung Kalian dengan tujuan Tanjung Api Api,” ujar Chandra.

Dikatakannya, pihak Sat Polair Polres Bangka Barat telah turun ke lokasi untuk membantu melakukan evakuasi penumpang. Chandra menyebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

” Untuk korban tidak ada, info terakhir kapal tag boat dari Palembang sudah mendekat dan memberikan bantuan,” tutupnya. (SK)


Editor : Romlan
Sumber: KABARBANGKA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *