Kapal Perang Armada ke-7 Amerika Serikat USS Blue Ridge LCC-19 Bertolak dari Indonesia

by -135 views
Kapal Perang Angkatan Laut Amerika Serikat USS Blue Ridge bernomer lambung LCC-19 bertolak dari Indonesia. Foto: Dispenal
Kapal Perang Angkatan Laut Amerika Serikat USS Blue Ridge bernomer lambung LCC-19 bertolak dari Indonesia. Foto: Dispenal

Jakarta, indomaritim.id –  Kapal Perang Angkatan Laut Amerika Serikat USS Blue Ridge bernomer lambung LCC-19 bertolak dari Indonesia setelah empat hari sebelumnya bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Asops Danlantamal III Jakarta, Kolonel Laut (P) Hari Widjajanto mewakili Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E., M.M., melepas keberangkatan kapal yang dikomandani Kapten Eric J Anduze di Dermaga 203 Kaluku JITC II Tanjung Priok, Sabtu (4/5/2019).

Baca Juga: Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu Resmikan Kapal Selam Pertama Produksi Indonesia

“Kedatangan kapal perang berjenis Blue Ridge Mountains tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Laut (P) Hari Widjajanto kepada awak media.

“Kunjungan kehormatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral, persahabatan, kerjasama dan persaudaraan antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat, TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat,” lanjutnya.

Kapal USS Blue Ridge sendiri adalah kapal pemandu semua kapal yang tergabung dalam Armada ke 7 Angkatan Laut Amerika Serikat yang beroperasi di perairan Asia.

Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E., M.M. menyambut langsung kunjungan USS Blue Ridge (LCC-19) yang dikomandani Captain Eric J. Anduze.
Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E., M.M. saat menyambut langsung kunjungan USS Blue Ridge (LCC-19) yang dikomandani Captain Eric J. Anduze. Foto: Dispenal

Menurut siaran pers dari Komando Armada 1, kapal ini hanya dilengkapi senjata pertahanan. Selain itu, usia kapal ini menginjak 48 tahun sekaligus menjadi kapal tertua yang masih beroperasi.

Selama empat hari berada di Jakarta, personel Kapal Perang USS Blue Ridge telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain, cocktail party, olahraga bersama, courtesy call dan selanjutnya kapal perang ini akan berlayar menuju Singapura.

Pada kesempatan yang sama, Panglima Armada ke-7 AS Vice Admiral Philip G. Sawyer menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama yang telah diberikan selama berada di Jakarta.

“Indonesia dan Amerika Serikat telah memiliki hubungan diplomasi dan bersahabat sejak lama,” kata Panglima Armada ke-7, Vice Admiral Philip G. Sawyer.

“Angkatan laut kedua negara sering melaksanakan latihan bersama, seperti Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang digelar oleh TNI AL, maupun pada latihan The Rim of the Pacific Exercise (Rimpac) yang diselenggarakan oleh US Navy,“ ujarnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Dansatrol, Ka. Kuwil, Perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama Mako Lantamal III Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *