KASAL Pimpin Wisuda Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut

by -424 views
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin Sidang Terbuka Senat STTAL dalam rangka penutupan pendidikan dan wisuda mahasiswa S-2 angkatan ke-4, S-1 angkatan ke-37 dan D-3 angkatan ke-11 tahun 2019 Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Foto: Dispenal
Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin Sidang Terbuka Senat STTAL dalam rangka penutupan pendidikan dan wisuda mahasiswa S-2 angkatan ke-4, S-1 angkatan ke-37 dan D-3 angkatan ke-11 tahun 2019 Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Foto: Dispenal

Surabaya, Indomaritim.id –  Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memimpin Sidang Terbuka Senat STTAL dalam rangka penutupan pendidikan dan wisuda mahasiswa S-2 angkatan ke-4, S-1 angkatan ke-37 dan D-3 angkatan ke-11 tahun 2019 Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) di Gedung Moeljadi Kodiklatal. Jl. Bumimoro, Morokrembangan, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/01/2019).

Dalam amanatnya, Kasal menyampaikan Upacara penutupan pendidikan dan wisuda sarjana S-2 Asro angkatan ke-4, S-1 angkatan ke-37 dan Diploma-3 angkatan ke-11 Tahun 2019, merupakan puncak seluruh roses pendidikan para wisudawan STTAL.

Baca Juga: Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Pimpin Peringatan Hari Dharma Samudera di KRI dr. Soeharso-990

“Ketepatan waktu studi ini merupakan salah satu prestasi yang patut dibanggakan karena menunjukkan sebuah proses pendidikan yang telah berjalan dengan baik,” kata Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

“Seiring perkembangan yang saat ini memasuki revolusi industri 4.0 ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, sumber daya TNI dan TNI Angkatan Laut di tuntut untuk mampu menguasai dan beradaptasi dengan perkembangan alutsista di masa revolusi industri 4.0,” lanjutnya.

Ia menambahkan, mengutip pendapat MC Kirsey Global Institute, bahwa perkembangan revolusi industri 4.0, kecepatannya 3.000 kali lebih cepat dari revolusi industri pertama.

“Hal ini ditunjukkan dimana setiap inovasi teknologi baru ditandai dengan hadirnya Cyber-Physical Things, Big data, Internet of Things dan Artificial Intelligence,” kata Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut tahun 2019 ini mewisuda sebanyak 103 mahasiswa yang terdiri dari peserta TNI AL dan TNI AU dari berbagai program studi yakni S-2 Asro (Analisis Sistem dan Riset Operasi), S-1Teknik Mesin, S-1Teknik Elektro, S-1 Teknik Manajemen Industri dan S-1 Hidrografi, D-3 Teknik Mesin, D-3 Teknik Elektro, D-3 Teknik Informatika serta D-3 Hidro Oceanografi.

“Kondisi inilah yang dipersiapkan sumber daya manusia dan infrastrukturnya sebaik mungkin, agar STTAL sebagai lembaga Perguruan Tinggi di lingkungan TNI Angkatan Laut, tidak boleh tertinggal dengan perkembangan teknologi baru dan harus mampu mengembangkannya ke sistem teknologi masa depan,” ujar Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Ia mengingatkan, Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menyampaikan negara yang kuat memerlukan teknologi pertahanan yang hebat, kebijakan untuk memperkuat teknologi pertahanan secara bertahap, agar semua elemen dalam sistem pertahanan mampu menguasai dan mengembangkan secara mandiri.

Dalam rangkaian prosesi Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut Ta.2019 dalam rangka penutupan pendidikan dan mewisuda 103 mahasiswa STTAL, di awali di bukanya Sidang Terbuka Senat oleh Dan STTAL (Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut) Laksamana Pertama TNI Ir. Avando Bastari M.Phil, yang selanjutnya di bacakan laporan pendidikan dan peresmian penutupan pendidikan Strata S-2 Astro, S-1, D-3 STTAL oleh Irup Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Acara Sidang Terbuka Senat Wisuda S-2 Asro angkatan ke-4, S-1 angkatan ke-37, dan D-3 angkatan ke-11, diisi dengan penyerahan penghargaan kepada mahasiswa yang memperoleh Lulusan Predikat terbaik,yakni Mahasiswa Kapten Laut (T) April Kukuh Susilo, S.T dari Prodi S-2 Asro, Kapten Laut (E) Ekaris Kusumardiyanto N dari Prodi S-1 Teknik Elektro dan Sertu Lis Satria Adenata Negara dari Prodi D-3 Teknik Mesin.

Baca Juga: Bakamla RI Luncurkan Tiga Kapal Patroli Karya Anak Bangsa

“STTAL sebagai pusat unggulan riset teknologi alutsista, harus mampu memicu dan memacu para dosen dan siswa agar dapat berperan aktif dalam berinovasi melalui penelitian, pengembangan dan perekayasaan teknologi pertahanan secara khusus, teknologi yang mumpuni dalam kuantitas dan kualitas sehingga dapat mendukung tercapainya kemandirian teknologi alutsista,” kata Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memungkasi.

Usai wisuda mahasiswa STTAL dilanjutkan Kasal (Kepala Staf Angkatan Laut) di dampingi Komandan STTAL serta para pejabat meninjau pameran produk unggulan STTAL dari berbagai program studi para mahasiswa dan demo rancang bangun multirole Vtrol Drone guna mendukung tugas dan misi pasukan infantri dalam pengintaian salah satu hasil siswa Prodi D-3 Teknik elektro.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Kasal,Dan kodiklatal, pangkotama Armada 2, pangkotama Armada 3 dan undangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *