Bratislava, indomaritim.id – Kedutaan besar Republik Indonesia menggelar forum bisnis bagi pengusaha Indonesia yang dikemas dalam ‘Virtual Business Clinic, How to Export to Slovakia’, Rabu (9/6/2021) pukul 09:30 CET atau 14:30 WIB. Tercatat lebih dari 500 pelaku UMKM dari seluruh Indonesia yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut.
“Memenuhi standar produk yang ditetapkan Uni Eropa merupakan langkah pertama calon eksportir Indonesia ke Slowakia. Setelahnya akan menjadi lebih mudah,” kata Duta Besar RI untuk Slowakia, Adityawidi Adiwoso.
Ia menambahkan, melakukan ekspor ke luar negeri bukan lah hal yang mudah namun bukan pula hal yang mustahil untuk dilakukan. Kesulitan dan tantangan ekspor umumnya dialami oleh para pelaku ekspor, khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.
Untuk itu, KBRI Bratislava melaksanakan business clinic secara virtual untuk menyebarluaskan informasi tentang cara menembus pasar ke Slowakia, termasuk memperkenalkan hambatan tarif dan non-tarif yang mungkin dihadapi eksportir Indonesia.
Acara ini menghadirkan narasumber dari Slowakia yakni Natalia Barinkova dari Kementerian Perdagangan Slowakia dan Vladimir Hodal dari Kementerian Ekonomi Slovakia. Kedua narasumber ini menyampaikan bahwa peluang ekspor ke Slowakia terbuka lebar.
Secara khusus Natalia Barinkova menyampaikan pentingnya mendapatkan rekan usaha yang tepat dan mengetahui aturan-aturan impor ke Slowakia melalui sejumlah situs, diantaranya: www.kompass.com dan https://www.financnasprava.sk/en/.
Selain itu turut dihadirkan narasumber dari Indonesia, yaitu Arif Hariyanto dan Gustian Mahardika dari Kementerian Perdagangan RI.
Senada dengan Duta Besar Adityawidi, pemahaman produk yang baik menurut Gustian merupakan langkah awal sebelum ekspor. Disamping itu, perencanaan ekspor serta pemahaman akan teknis produksi, perijinan, dan pembayaran merupakan sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh para calon eksportir Indonesia.
Pada kesempatan yang sama, Sementara itu Arif Hariyanto memberikan penjelasan kepada para peserta webinar produk-produk apa saja yang telah berhasil menembus pasar Eropa dan produk-produk mana yang berpeluang besar untuk melakukan penetrasi ke pasar Eropa.
Dalam sambutan penutup, Ibu Duta Besar Adityawidi Adiwoso mengajak para peserta untuk menggunakan Virtual Indonesian House KBRI Bratislava sebagai platform promosi produk si Slowakia serta untuk berpartisipasi pada Business Meeting yang akan diselenggarakan KBRI Bratislava pada tanggal 24 Juni 2021, dimana KBRI Bratislava akan memfasilitasi one-on-one business matching antara pengusaha Indonesia dengan calon pembeli dari Slowakia.
Apresiasi positif disampaikan oleh para peserta webinar yang diselenggarakan oleh KBRI Bratislava.