Kemasan Produk, Begini Pentingnya Untuk Wirausaha

by -11,366 views
Kemasan Produk, Begini Pentingnya Untuk Wirausaha
Kemasan Produk, Begini Pentingnya Untuk Wirausaha

Kemasan produk penting bagi pembeli atau konsumen, produsen, dan distributor. Kemasan suatu produk memberikan pengaruh dimata konsumen, karena melalui kemasan tersebut konsumen mendapatkan pesan dari isi produk didalamnya.

Pernahkah Anda membeli produk obat atau suplemen kesehatan? Diluarnya tertera berbagai infomasi yang diperlukan konsumen, termasuk aturan pemakaiannya. Melalui tulisan informasi yang tertera dikemasan tersebut, maupun dari tampilan suatu kemasan yang memberikan citra atau kesan tersendiri dimata konsumen sehingga konsumen dapat memutuskan untuk membeli atau tidak membeli suatu produk.

Jadi, kemasan kemasan selalu melibatkan design agar pesan produk tersampaikan kepada konsumen, fungsi kemasan sendiri saat ini selain untuk melindungi produk juga berfungsi sebagai media pemasaran yang efektif.

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita bahas wirausaha.

Wirausaha, Semangat Untuk Memulai Bisnis

Wirausaha berarti sebuah usaha yang dilakukan secara mandiri dan berani untuk memenuhi kebutuhan diri atau kelompok dengan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan ekonominya melalui berbagai cara.

Wirausahawan adalah seseorang yang mampu melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut untuk memulai suatu bisnis yang baru.

Atau kemampuan setiap orang untuk menangkap setiap peluang usaha, dan dimanfaatkanya sebagai lahan usaha, atau bisnis dan seluruh waktunya dicurahkan untuk menemukan peluang-peluang bisnis.

Dari pembentukan kata, wirausaha terdiri dari kata wira yang artinya berani dan usaha yakni kegiatan yang mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud.

Baca Juga: Memulai Bisnis dari Hobi, Mengapa Tidak?

Wirausaha merupakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok untuk memperoleh barang dan atau jasa guna memenuhi kebutuhan hidupnya dengan saling mempertukarkan atau menukarnya dengan mata uang.

Pelaku wirausaha, melakukan usaha baru dengan menggunakan prinsip ekomomi yakni mengeluarkan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan memproduksi barang atau jasa.

Jadi produk atau jasa mungkin dapat terlihat unik ataupun tidak, tetapi dengan berbagi cara nilai akan dihasilkan oleh seseorang pengusaha dengan menerima dan menempatkan keterampilan dan sumber daya yang dibutuhkan.

Pentingnya Desain Kemasan Produk Menurut Ahli

Ahli pemasaran Philip Kotler, menyebutkan ada enam elemen yang harus dipenuhi ketika membuat desain produk yaitu, ukuran, bentuk, material bahan, warna, text dan merk.

Warna kemasan memberi pengaruh psikologis kepada calon pembeli dan pembeli. Umumnya, kemasan dipilih seusai produknya. Warna cerah, dipilih untuk menarik perhatian calon pembeli. Jadi, warna berperan penting dalam menyampaikan pesan kognitif kepada calon pembeli

Ahli pemasaran lainnya, Profesor Jennifer Aaker dalam risetnya menyimpulkan bahwa ada lima warna yang mendominasi pasar dengan pesen kognitif masing-masing, warna tersebut adalah biru muda yang melambangkan ketulusan, merah melambangkan ketertarikan, hijau melambangkan kompetensi, ungu melambangkan kemapanan dan kuning melambangkan ketahanan.

Selain warna, bentuk kemasan menggambarkan ukuran produk yang dikemas di dalamnya. Pembeli menggunakan bentuk sebagai persepsi dalam menentukan isi atau ukuran berat produk di dalamnya. Beberapa kemasan dibuat lebih besar yang biasanya terdapat pada makanan kering, kemasan tersebut dibuat agar lebih menarik persepsi calon pembeli untuk dibandingkan produk yang lain.

Diskusi, Pertanyaan dan Jawaban

Sebutkan tiga bahan yang biasa digunakan untuk kemasan suatu produk!

Tiga bahan yang biasa digunakan untuk kemasan produk adalah kertas, kaca dan lembaran alumunium.

Apa fungsi kemasan pada awalnya?

Pada awalnya, fungsi sebuah kemasan hanya sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa.

Sebutkan 3 fungsi utama dari kemasan!

Secara umum fungsi kemasan adalah:

1. Melindungi dan mengawetkan produk.
Contohnya, melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, serta kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.

2. Sebagai identitas produk.
Dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan pengirim informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada bagian luar kemasan.

3. Meningkatkan efisiensi.
Antara lain: memudahkan penghitungan, memudahkan pengiriman, dan memudahkan penyimpanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *