Kenalkan Indonesia pada Mahasiswa dan Akademisi Pakistan, KBRI Islamabad Gelar Online Internship Program

by -34 views
Duta Besar RI Islamabad, Adam M. Tugio
Duta Besar RI Islamabad, Adam M. Tugio

Islamabad, indomaritim.id – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Islamabad, Pakistan menggelar kegiatan online internship program dengan tema “Contemporary Dynamic of Indonesia”. Bekerjasama dengan lembaga riset Center for Global & Strategic Studies (CGSS), kegiatan ini menjadi sarana praktis kegiatan diplomasi pendidikan dan budaya yang dilakukan secara daring untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada mahasiswa generasi kiwari dan pemerhati politik dan hubungan internasional di Pakistan.

“Kegiatan ini akan membuka pemahaman yang lebih baik tentang Indonesia, berbagai tantangan yang dihadapi, dan keberhasilan mengatasi tantangan di berbagai bidang. Online internship program juga diharapkan memfasilitasi pertukaran pelajar kedua negara, periset dan memperkuat people to people contact,” kata Duta Besar RI Islamabad, Adam M. Tugio saat membuka kegiatan ini.

Online internship program berlangsung selama lima minggu akan diisi dengan kuliah umum tentang Indonesia dengan menghadirkan pembicara dari sejumlah universitas, lembaga riset dan institusi relevan di tanah air. Tema bahasan beragam, yakni: Political History of Indonesia, Indonesian Foreign Policy, Economy & Development Strategy of Indonesia, Cultural Diversity and Soft Power Diplomacy, Interfaith Harmony and Protection of Minorities and Indonesian Strategy to Address Climate Change.

Dr. Abdul Gaffar Karim, Fakultas Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada menjadi pembicara pertama dengan tema Indonesian Politics: Between Islam and Nationalism. Dalam paparannya, Dr. Gaffar menekankan pengaruh Islam dalam wacana kemerdekaan sejak awal kemerdekaan Indonesia, dan bagaimana nasionalisme kebangsaan pada akhirnya menjadi pilihan mayoritas bangsa Indonesia.

Pembicara lain adalah para pakar dari Universitas Indonesia, Universitas Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah, Bina Nusantara, Core Indonesia, ICRS-Jogja, LEMHANNAS, dan Kemenkomarves serta Kemlu.

Online Internship Program diikuti oleh 30 mahasiswa program master dan 5 program doktor dari sejumlah universitas terkemuka di Pakistan. Pada setiap sesi diskusi, para peserta akan ditugaskan menulis artikel dengan topik sesuai tema bahasan.

Kedutaan Besar Republik Indonesia Islamabad bekerja sama dengan beberapa koran nasional Pakistan untuk pemuatan artikel yang terpilih untuk penerbitan di koran setempat. Direncanakan Online Internship Program ini diadakan secara berkala, bekerjasama dengan sejumlah universitas dan lembaga riset lain di Pakistan.

Reporter Biro Eropa: Zaynita Gibbons
Editor: Mulyono Sri Hutomo

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *