Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan, Begini Penjelasannya

by -2,523 views
Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan, Begini Penjelasannya
Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan, Begini Penjelasannya

Kewajiban kita terhadap lingkungan yang paling utama adalah dengan tidak mencemari tanah, air dan udara serta menjaga kelestariannya. Lingkungan wajib kita jaga untuk mendukung kelangsungan hidup kita sebagai manusia.

Apakah yang dimaksud dengan lingkungan? Lingkungan adalah sebuah bentuk dari kombinasi yang berada diantara kondisi fisik yang melakukan cakupan dari keadaan akan sumber daya alam seperti tanah, air,energi surya dan mineral dan seluruh macam flora dan fauna yang akan tumbuh di bagian atas tanah juga termasuk di dalam sebuah lautan.

Lalu, apa yang dimaksud dengan kewajiban? Kewajiban adalah suatu hal yang wajib dilakukan demi mendapatkan hak atau wewenang. Bisa jadi kewajiban merupakan hal yang harus kita lakukan karena sudah mendapatkan hak.

Baca Juga: 5 Hak Kita Terhadap Lingkungan, Begini Penjelasannya

Pasal-pasal dalam Undang-undang Dasar (UUD) 1945 yang menetapkan hak dan kewajiban warga negara termaktub di pasal 27,28,29,30,31,32,33, dan 344 yaitu:
a) Pasal 27 ayat (1), menetapkan hak warga Negara yang sama dalam hukum dan pemerintah, serta kewajiban untuk menjunjung hukum dan pemerintahan.
b) Pasal 27 ayat (2), menetapkan hak warga Negara atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
c) Pasal 27 ayat (3), dalam perubahan UUD 1945 menetapkan hak dan kewajiban warga Negara untuk ikut serta dalam pembelaan Negara.
d) Pasal 28 menetapkan hak kemerdekaan warga negaranya untuk berserikat, berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan.
e) Pasal 29 ayat (2), menyebutkan adanya hak kemerdekaan warga Negara untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamnya.
f) Pasal 30 ayat (1), dalam perubahan kedua UUD 1945 menyebutkan hak dan kewajiban warga Negara untuk ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara.
g) Pasal 31 ayat (1), bahwa tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran.

Kewajiban dan Hak Kita Sebagai Masyarakat terhadap Lingkungan Masyarakat

Berikut ini adalah 8 contoh kewajiban kita terhadap lingkungan sekitar:

Tidak membuang sampah sembarangan

Sampah yang berceceran akan mengundang lalat, kecoa, tikus dan berbagai binatang lain berkumpul. Binatang-binatang itu, dapat menjadi sarana penyebaran penyakit seperti pes. Sampah yang mengotori sumber air, membuat air menjadi tidak layak dikonsumsi dan dapat menjadi penyebab penyakit pencernaan juga TBC.

Biasakan memiliha sampah, sesuai dengan jenisnya. Sampah organik yang berasal dari daun, sayur, dan buah-buahan dapat diolah menjadi pupuk kompos yang dapat membantu kesuburan tanah.

Tidak menebang pohon sembarangan

Pohon penting untuk menjaga kelangsungan sumber air. Pohon-pohon juga sebagai penghasil oksigen di siang hari yang tentu berguna bagi pernafasan manusia. Dengan menjaga pohon, secara langsung akan menjaga kelangsungan hidup manusia juga.

Tidak memburu binatang sembarangan

Tahukah kamu, beberapa jenis binatang telah punah dari bumi ini karena perburuan? Beberapa hewan lainnya, juga terancam kepunahan karena perburuan. Padahal, ada binatang yang membutuhkan waktu lama untuk berkembang biak seperti badak yang hanya bereproduksi terbatas dalam waktu lama.

Baca Juga: Kewajiban dan Hak Kita Sebagai Masyarakat terhadap Lingkungan Masyarakat

Mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia yang bisa merusak lingkungan

Bahan kimia tertentu sangat berbahaya bagi manusia dan menjadi sumber pencemaran bila tidak diolah dengan baik. Sungai Citarum di Jawa Barat, misalnya pernah disebut sebagai sungai terkotor se Indonesia karena bahan kima pembuangan limbah pabrik tekstil disekitarnya.

Perlu waktu bertahun-tahun untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan.

Mengurangi penggunaan kendaraan yang merupakan sumber polusi

Sebagai makhluk hidup, manusia membutuhkan udara yang sehat dan bersih untuk bernafas. Tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa bernafas bukan? Nah, udara bersih yang kita hirup harus terbebas dari partikel-partikel debu dan zat beracun. Contohnya, udara yang telah tercampur asap kendaaran. Tentu tidak sehat menghirup udara yang tercampur dengan asap kendaraan bermotor.

Untuk mewujudkan udara yang sehat dan bersih, pemerintah pusat dan daerah membuat sejumlah aturan. Diantaranya, pengecekan emisi kendaran. Juga memperbanyak transportasi umum agar masyarakat mengurangi aktivitas menggunakan kendaraan pribadi.

Kendaraan listrik, juga menjadi satu upaya penting untuk menjadikan udara sekitar kita menjadi sehat dan bersih. Juga penanaman pohon-pohon untuk penghijauan.

Melakukan penanaman kembali atas penebangan pohon yang dilakukan

Penanaman kembali pohon disebut reboisasi. Reboisasi ini berguna menjaga kelesatarian hutan seutuhnya.

Menjaga ketentraman dan kenyamanan bersama

Tidak bising dan mengganggu orang lain

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *