Komunikasi Bisnis, Pengertian dan Contohnya

oleh
Komunikasi Bisnis, Pengertian dan Contohnya
Komunikasi Bisnis, Pengertian dan Contohnya

Komunikasi bisnis merupakan pertukaran pesan yang dilakukan oleh individu untuk individu, individu untuk organisasi, dan sebaliknya atau dari organsisasi bisnis kepada organisasi bisnis lain yang memiliki tujuan tertentu dengan disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam komunikasi bisnis, tujuan yang hendak dicapai merupakan bagian dari upaya mencapai tujuan organisasi bisnis. Tujuan komunikasi itu dapat berupa menginformasikan, mendidik, menghibur, dan mempengaruhi. Karena dilakukan dalam lingkup bisnis, maka hal itu guna memperoleh keuntungan.

Dewasa ini, perkembangan dunia bisnis saat ini berkembang sangat pesat. Ini ditunjukkan oleh banyaknya produk yang ditawarkan oleh pihak pemasar kepada konsumen. Tentu saja, berdampak pada persaingan antara perusahaan untuk dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam menjalankan berbagai jenis bisnis, agar terjadi transaksi antara pemasar dengan konsumen.

Baca Juga:

Teori AIDDA dalam Komunikasi Bisnis

Teori AIDDA merupakan efek yang menjelaskan bagaimana khalayak yang mampu mencerna sebuah iklan hingga membuatnya mengambil sikap untuk memiliki apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.

Sikapnya dapat berupa penggunaan, pembelian atau mengikut pesan yang disampaikan. Teori AIDDA ini dijelaskan dalam empat tahap sebagai berikut:

  • Attention (perhatian), memulai komunikasi dengan membangkitkan perhatian konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Pemasar harus kreatif dalam mempromosikan produk yang dihasilkan agar dapat perhatian dari konsumen untuk melihat produk.
  • Interest (minat), apabila telah ada perhatian dari konsumen, maka hendaklah melakukan upaya dalam menumbuhkan rasa tertarik terhadap produk yang dipasarkan.
  • Desire (hasrat), setelah timbul rasa tertarik dari konsumen, maka akan muncul hasrat atau rasa ingin memiliki dan memilih produk.
  • Decision (keputusan), rasa ingin memiliki tersebut kemudian mrnjadikan konsumen mengambil keputusan, bagi penawar belum apa-apa, sebab harus adanya keputusan untuk membeli.
  • Action (tindakan), tahapan dimana di konsumen agar mengambil tindakan untuk mulai membeli produk kita sekarang.

Reklame sebagai Bentuk Komunikasi Bisnis

Reklame adalah benda, alat, perbuatan, atau media yang bentuk dan corak ragamnya dirancang untuk bertujuan komersial memperkenalkan, menganjurkan, mempromosikan, atau untuk menarik perhatian umum terhadap barang, jasa, orang, atau badan, yang dapat dilihat, dibaca, didengar, dirasakan, dan/atau dinikmati oleh umum.

Secara umum, klasifikasi reklame dapat berdasarkan isi pesan, bahan, sifat informasi dan teknis pemasangannya. Agar reklame menarik perhatian dan menyampaikan pesan secara maksimal, maka pembuatan reklame harus menarik dan tepat sasaran.

Jenis-Jenis Reklame

Ada beberapa jenis reklame, berikut penjelasan singkatnya:

Reklame Papan

Yaitu reklame yang terbuat dari papan, kayu termasuk seng atau bahan lain yang sejenis, dipasang atau digantung atau dibuat pada bangunan, tembok, dinding, pagar, pohon, tiang dan sebagainya baik bersinar maupun yang disinari.

Reklame Megatron/Videotron/Large Electronic Display (LED)

Adalah reklame yang menggunakan layar monitor besar berupa program reklame atau iklan bersinar dengan gambar dan atau tulisan berwarna yang dapat berubahubah, terprogram dan difungsikan dengan tenaga listrik.

Papan reklame elektronik ini disukai karena masyarakat dengan cepat dan jelas karena papan reklame dapat dibaca semua orang, penyajian reklame yang banyak menarik perhatian pembaca, dan pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh pembaca, serta biaya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan media promosi lain.

Reklame Kain

Yaitu reklame yang diselenggarakan dengan menggunakan bahan kain, termasuk kertas, plastik, karet atau bahan lain yang sejenis dengan itu.

Reklame Melekat (Stiker/Poster)

Adalah reklame yang berbentuk lembaran lepas, diselenggarakan dengan cara disebarkan, dipasang, digantung pada suatu benda dengan ketentuan luasnya tidak lebih dari 200 cm persegi per lembar.

Reklame Selebaran

Adalah reklame yang berbentuk lembaran lepas, diselenggarakan dengan cara disebarkan, diberikan atau dapat diminta dengan ketentuan tidak untuk ditempel, diletakkan, dipasang atau digantungkan pada suatu benda lain

Contoh Bentuk Reklame Cinta Tanah Air

Reklame Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Belanja Buatan Indonesia (BBI) adalah gerakan menggunakan produk dalam negeri yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo. Pesan komunikasi bisnis yang ingin disampaikan adalah kurangi penggunaan produk impor akibat globalisasi, dan gunakanlah produksi dalam negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *