Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Resmikan Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL XII

by -556 views
Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Foto: Istimewa
Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Foto: Istimewa


Pontianak, indomaritim.id – Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, meresmikan Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL XII /Pontianak, di Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (21/2/2019).

“Saat ini TNI AL sedang mengembangkan pangkalan utama salah satunya di Kalimantan Barat. Dengan peresmian ini diharapkan Pangkalan Utama TNI AL XII /Pontianak beserta fasilitasnya mampu dijadikan penunjang untuk melaksanakan tugas dan fungsinya,” ujar Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Baca Juga: Laksamana Madya TNI A. Taufiq Resmikan Kapal Rigid Inflatable Boats Bakamla

Ia mengatakan, tugas dan fungsi Pangkalan Utama TNI AL XII /Pontianak ini untuk mendukung operasional armada laut TNI AL. Selain itu, fungsi yang tak kalah pentingnya lagi adalah berperan penting dalam membina wilayah pertahanan laut serta membina potensi maritim setempat.

“Ini sangat penting dan berarti untuk mendukung kebijakan poros maritim dunia seperti yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Maka diharapkan dengan diresmikannya Lantamal XII Pontianak ini sudah seharusnya dapat memberikan kontribusi, kepada Lantamal itu sendiri dan pemerintah daerah,” katanya.

Ia menekankan, sebagai prajurit matra laut TNI yang merupakan bagian dari komponen pertahanan negara, maka perlu ada peningkatan di segala bidang terutama dalam menjalankan tugas-tugas TNI AL.

“Dalam kesempatan ini saya perintahkan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk tetap menjaga soliditas dan sinergitas antar marta, instansi dan dengan masyarakat. Kehadiran kalian di sini sebagai katalisator persatuan dalam mewujudkan kedaulatan dan keamanan wilayah. Dan saya yakin kehadiran Pangkalan Utama TNI AL XII /Pontianak ini dapat membawa energi positif bagi kelangsungan pembangunan Kalimantan Barat,” katanya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII /Pontianak, Laksamana Pertama TNI Grogerius Agun WD, mengatakan, pemindahan markas komando satuannya ke Wajok Hilir karena markas komando lama di Jeruju kurang luas. Adapun luas markas komando yang baru ini sekitar 118.600 meter persegi. Sedangkan pembangunan markas komando baru ini dilakukan dengan empat tahap dan dikerjakan sejak 2016.

“Saat ini pembangunan Mako Lantamal XII Pontianak telah selesai dikerjakan dengan baik. Namun demikian masih ada keperluan pembangunan penunjang lainnya yang masih perlu. Hal itu sudah kami usulkan dan mudah-mudahan di 2019 dapat terealisasi. Itu semua untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas LPangkalan Utama TNI AL XII /Pontianak,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *