Limboto dan Wayabula, Dua Kapal Terbaru TNI AL Buatan Dalam Negeri

by -380 views
KAL Limboto dan KAL Wayabula. Foto: Dispenal
KAL Limboto dan KAL Wayabula. Foto: Dispenal
Banner

Jakarta, Indomaritim.id –TNI Angkatan Laut menambah kekuatan tempurnya melalui dua Kapal Angkatan Laut (KAL) produksi dalam negeri. Kapal yang diberi nama KAL Limboto dan KAL Wayabula, diserahkan oleh diserahkan Direktur PT. Tesco Indomaritim, Jamin Basuki kepada Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal), Laksamana Pertama TNI Kasih Prihantoro S.E., M.M,. di Pantai Mutiara Indah, Jakarta Utara, Kamis, (10/1/2019).

Selanjutnya kapal diserahkan kepada Asisten Logistik (Aslog) Kasal, Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P., dan kemudian diserahkan kepada pengguna KAL yakni Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo Letkol Laut (P) Tonny Sundah, M.Tr. (Hanla) dan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Morotai Letkol Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M.Tr. (Hanla).

Baca Juga: Kapal KN Gajah Laut Bakamla Evakuasi 93 Wisatawan Tiongkok di Pulau Lihaga

“Pengadaan dua kapal tersebut telah melalui mekanisme dan kriteria pembangunan kapal secara komprehensif mulai dari tahap desain, sampai dengan pembangunan. Serta diawasi oleh satgas dan biro klasifikasi RINA dari Italia, sehingga diharapkan dapat memenuhi tingkat readiness dan sustainability yang memadai,” kata Laksamana Muda TNI Mulyadi.

Ia menambahkan, penyerahan KAL Limboto dan KAL Wayabula kepada Lanal Gorontalo dan Lanal Morotai dengan tujuan dapat dipergunakan untuk menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya sebagai sarana patroli terbatas di wilayah kerja Lanal Gorontalo dan Lanal Morotai.

“Pengadaan KAL ini merupakan bagian dari Rencana Strategi TNI Angkatan Laut dalam upaya mewujudkan kekuatan pokok minimum TNI Angkatan Laut Tahun 2010 sampai dengan 2024,” lanjutnya.

Aslog Kasal mengharapkan kepada satuan penerima dan bintek terkait agar terus memonitor kondisi teknis KAL Limboto I-8-33 dan KAL Wayabula I-12-14, berkaitan dengan jaminan pemeliharaan yang diberikan oleh PT. Tesco Indo Maritim sebagai perusahaan pembuat, sehingga diharapkan KAL 28 M dapat dioperasikan secara maksimal.

Dua KAL produksi dalam negeri itu memiliki spesifikasi panjang 28 meter, lebar 6.20 meter dan mampu mengangkut 15 Anak Buah Kapal. Dua kapal dilengkapi dengan satu buah senjata mitraliur 20 mm berada di haluan dan dua buah senjata 12,7 mm di buritan. Kapal berbahan pelat aluminium alloy 5083-H116 dan aluminium alloy 6061.

Seusai acara serah terima KAL, Laksamana Muda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P., meresmikan KAL Limboto I-8-33 dan KAL Wayabula I-14-12 resmi masuk jajaran TNI AL sertta sekaligus melantik Kapten Laut (P) Junaidi sebagai komandan KAL Wayabula dan Kapten Laut (P) Timbul Narkoto sebagai komandan KAL Limboto.
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Waasops Kasal, Kadismatal, Kadissenlekal, Danlantamal VIII dan Danlantamal XIV, serta pejabat TNI AL terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *