Makassar, Pelabuhan Persinggahan Terakhir HMAS Sucess D-304

by -84 views
HMAS Sucess D-304. Foto: Australia Navy
HMAS Sucess D-304. Foto: Australia Navy
Banner

Makassar, indomaritim.id – Pelabuhan Makassar di Sulawesi Selatan menjadi persinggahan terakhir kapal perang Angkatan Laut Austraslia HMAS Sucess D-304.

“Kota Makassar adalah kunjungan terakhir dari Kapal perang Australia HMASS Success D-304 selama program IPE 19. Setelah dari Kota Makassar, kapal perang ini akan dinonaktifkan,” kata Komandan Kapal Perang Australia HMAS Success D-304, Captain Darren Grogan saat jamuan makan makan bersama Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M.Tr (Han).

Baca Juga: Mampu Angkut Tank dan Helikopter, Begini Kecanggihan Kapal Terbaru yang Diluncurkan TNI AL

Komandan Kapal Perang Australia HMAS Success D-304 juga mengungkapkan, maksud dari kunjungannya ke kota Makassar adalah merupakan rangkaian dari program Indo-Pacific endeavour 2019 (IPE 19) yang bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih baik dan memperkuat kerjasama Indonesia dan Asutralia khususnya antara Angkatan Laut Australia dan TNI Angkatan Laut Indonesia maupun dengan Pemerintahan Kota setempat.

“Selain kerjasama di bidang militer, kunjungan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan lagi hubungan persahabatan antara Indonesia dan Australia dalam berbagai masalah termasuk perencanaan penanganan bantuan bencana, manuver Angkatan Laut dan pelatihan dengan mitra pasukan keamanan,” ujar Darren Grogan.

HMAS Success adalah kapal pemasok bahan bakar, makanan, amunisi dan unit tempur milik Angkatan Laut Australia. Berfungsi sebagai kapal logistik Auxiliary Oiler Replenishment (AOR), kapal ini berbobot mati 18.000 ton dan memiliki panjang 157.2 metre.

HMAS Sucess D-304 dibangun oleh Cockatoo Dockyard Pty Ltd di galangan kapal Sydney. Kapal kelas Durance yang melauncur ke laut pada 3 Maret 1984.

Program Indo-Pacific Endeavour 2019

Tiga kapal perang Angkatan Laut Australia, yakni HMAS Canberra, HMAS Newcastle dan HMAS Success bersandar di Indonesia sebagai bagian dari program Indo-Pacific Endeavour 2019.

Sebelum tiba di Jakarta, Indo-Pacific Endeavour 2019 telah melaksanakan pelayaran melewati beberapa negara, antara lain Sri Lanka, India, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, dan Indonesia sebelum akhirnya kembali lagi ke Australia pada 21 Mei 2019 mendatang.

Baca Juga: Laksamana TNI Siwi Sukma Adji Buka Puasa Bersama Kasal Australia Vice Admiral Michael Noonan

Satgas IPE 19 Australia merupakan satgas gabungan tiga matra baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara yang dipimpin seorang Komandan Gugus Tugas yang dijabat oleh Air Commodore Richard Owen, SM.

Pelayaran Indo-Pacific Endeavour 2019 bertujuan untuk memperdalam kerja sama Australia dengan pasukan keamanan kawasan berbagai negara di Samudera Hindia dan Pasifik.

Australia melibatkan lebih dari 1.000 personel dalam pelaksanaan Indo-Pacific Endeavour 2019 (IPE 19) yang terdiri dari Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara. Pada IPE 19, TNI AL juga mengikutsertakan dua orang perwira pertama untuk ikut dalam pelayaran tersebut pada rute pelayaran dari Vietnam menuju Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *