Manfaat Globalisasi Dalam Bidang Olahraga

by -3,844 views
Manfaat Globalisasi Dalam Bidang Olahraga
Manfaat Globalisasi Dalam Bidang Olahraga

Manfaat globalisasi dalam bidang olahraga adalah memberikan kesempatan kepada atlet, pelatih dan pekerja di bidang olahraga untuk bertanding dan mengembangkan bakatnya secara internasional.

Globalisasi adalah proses integrasi ke ruang lingkup dunia. Kemajuan teknologi dan transportasi, membuat hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi dengan melampaui batas-batas ketatanegaraan.

Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini.

Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi mendorong kita untuk melakukan identifikasi dan mencari titik-titik simetris sehingga bisa mempertemukan dua hal yang tampaknya paradoksial, yaitu pendidikan Indonesia yang berimplikasi nasional dan global.

Baca Juga: Globalisasi: Pengertian, Dampak dan Manfaat

Globalisasi juga menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan, termasuk diantaranya olahraga.

Tahukah kamu, ada olahraga asli Indonesia yang mendunia? Mari kita bahas.

Pencak Silat, Olahraga Asli Indonesia yang Mendunia

Pencak silat atau silat adalah olahraga tradisional nusantara yang begitu banyak ragamnya, danmerupakan warisan budaya nusantara yang tidak ternilai harganya.

Dilansir dari situs kemdikbud.go.id, tradisi pencak silat ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada Sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, yang berlangsung di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019 silam.

Pencak silat telah menjadi identitas dan pemersatu bangsa Indonesia. Tradisi Pencak Silat mengandung nilai-nilai persahabatan, sikap saling menghormati dan mempromosikan kohesi sosial.

Perkembangannya pencak silat ada ditengah-tengah masyarakat dan tumbuh bersama masyarakat. Pencak silat tumbuh dan berkembang bersama bahkan banyak orang mempelajari dan menguasai dengan baik, dan dijadikan bagian dari pedoman masyarakat itu sendiri.

Pencak silat pun telah ada di berbagai negara belahan dunia. Induk organisasi pencak silat di Indonesia saat ini adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

Ada pula organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat dari berbagai Negara yang bernama Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (PERSILAT) yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Pencak silat memiliki nilai seni yang tinggi seperti adanya seni gerak atau pencak silat kembangan, tdak gerak seni namun juga terkait dengan baju, assesoris, menjadi bagian dari promosi yang kuat untuk membangun identitas pencaksilat Indonesia, dan bisa dijadikan bagian dari sport tourism dalam pengemasan yang menarik.

Globalisasi, khususnya dibidan seni budaya perfilman, membawa seni pencak silat dalam karya inovasi dibuat dalam bentuk lain yakni diangkat dalam film layar lebar yakni ‘Merantau’ pada 2009.

Aktornya adalah Iko Uwais sebagai tokoh utama dan juga artis senior Christine Hakim ini mengangkat pencak silat dari daerah Minangkabau, Sumatera Utara.

Iko Uwais adalah aktor Indonesia pertama yang membawa pencak silat ke kancah global, dengan membintangi sejumlah film Hollywood, diantaranya The Raid, The Raid 2 dan Miles 22. Globalisasi, membuat pencak silat makin dikenal di berbagai negara.

Manfaat Globalisasi

Dampak positif globalisasi yang dapat dirasakan adalah terhubungnya individu dan masyarakat antar negara melalui teknologi, yaitu teknologi informasi, komunikasi dan transportasi.

Secara fisik, globalisasi ditandai dengan perkembangan kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan kota dunia melalui transpotasi udara. Coba bayangkan, bagaimana cepatnya penerbangan dari Jakarta menuju Kuala Lumpur di Malaysia. Atau dari Denpasar, Bali menuju Sydney di Australia dan sebaliknya.

Menyatunya antar kota di berbagai belahan dunia, dapat dilihat dari infrastruktur telekomunikasi, jaringan transportasi, perusahaan-perusahaan berskala internasional serta cabang-cabangnya.

Proses perkembangan globalisasi pada awalnya ditandai kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bidang tersebut merupakan penggerak globalisasi. Dari kemajuan bidang ini kemudian mempengaruhi sektor-sektor lain dalam kehidupan, seperti bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain.

Contoh sederhana manfaat globalisasi dengan teknologi internet, parabola dan TV, orang di belahan bumi manapun akan dapat mengakses berita dari belahan dunia yang lain secara cepat.

Hal ini akan terjadi interaksi antarmasyarakat dunia secara luas, yang akhirnya akan saling mempengaruhi satu sama lain, terutama pada kebudayaan daerah,seperti kebudayaan gotong royong,menjenguk tetangga sakit dan lain-lain. Globalisasi juga berpengaruh terhadap pemuda dalam kehidupan sehari-hari, seperti budaya berpakaian, gaya rambut dan sebagainya

Berikut dampak positif globalisasi:

Komunikasi dan Transportasi Manusia Semakin Dinamis 

Pernahkah kamu mengunjungi bandara udara atau pelabuhan? Disana kamu akan melihat hilir mudik orang naik pesawat terbang dan kapal laut untuk bepergian ke antar negara.

Teknologi perkapalan, mampu mengirimkan ribuan ton barang melalui laut untuk perdagangan internasinal.
Ya, kemajuan teknologi transportasi membuat semuanya semakin dekat. Jarak antar negara hanya perlu dijangkau dalam waktu beberapa jam saja.

Terbukanya Lapangan Kerja 

Adanya kecenderungan perusahaan asing memindahkan operasi produksi perusahaannya ke negara-negara berkembang dengan pertimbangan keuntungan geografis. Perpindahan pabrik untuk produksi barang dan jasa ini tentu membuk peluang lapangan kerja bagi penduduk sekitar pabrik tersebut.

Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat.

Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif. Sebaliknya, juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.

Baca Juga: Pengertian Saham dan Bursa Efek Indonesia

Meningkatnya Toleransi dan Semangat Membantu Antar Manusia di Dunia

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

Kemajuan teknologi komputer dan internet, membuat kita cepat mengetahui infomasi Olimpiade di Amerika Serikat. Website berita dengan kemampuan internet, mampu menayangkan siaran langsung ibadah haji di Arab Saudi.

Kita juga semakin empati terhadap penderitaan yang dirasakan penduduk bangsa lain yang tertimpa musibah. Demikian juga sebaliknya.

Contohnya, saat terjadi bencana tsunami di Aceh. Banyak negara yang dengan cepat mengirimkan bantuan pangan, obat-obatan dan tenaga medis untuk membantu korban bencana.

Makin Banyak Negara Menganut Sistem Demokrasi

Dari makna kata, demokrasi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari demos dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan rakyat.

Demokrasi merupakan sebuah bentuk pemerintahan yang seluruh rakyatnya memiliki kesetaraan hak dalam keputusan yang dapat mempengaruhi kehidupan warga negara

Globalisasi memberikan harapan bahwa demokrasi akan dapat bersinergi positif dengan pasar bebas dalam lingkup kesejahteraan negara bangsa.

Memperkaya Unsur Kultural Bangsa

Interaksi antar negara, membuat meningkatkan pembelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju.

Dengan demikian, terjadi alkulturasi budaya antara suku bangsa, antar ras yang semakin memperkaya budaya.

Peran Aktif Warga Negara 

Teknologi informasi membuat warga negara cepat mengetahui apa yang terjadi sekaligus membandingkannya dengan negara lain. Degan peran aktif warga negara maka regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.

Juga semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

Dampak positif dan manfaat globalisasi dalam kehidupan bangsa Indonesia adalah:
1. Globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan :
a. Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia.
b. Regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak.
c. Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

Jadi, apa saja dampak positif dan manfaat globalisasi? Penjelasan diatas cukup lengkap. Satu diantaranya, dampak positif dari globalisasi adalah membuat masyarakat memiliki sifat kreatif, inovatif, terbuka terhadap perubahan dan bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan dengan dibantu teknologi informasi.

ADVERTISEMENT