Mayjen TNI Tri Yuniarto Buka Latihan Pembentukan Raider Kostrad

by -721 views
Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si, M.Tr (Han),
Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si, M.Tr (Han),. Foto: Puspen Kostrad

Bondowoso, indomaritim.id –  Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si, M.Tr (Han), yang saat ini menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad, membuka latihan pembentukan Raider Satuan Jajaran Kostrad TA 2019 di lapangan upacara Yonif Raider 514 Kostrad, Curahdami, Bondowoso, Jawa Timur, Senin (10/9/2019).

“Latihan pembentukan Raider ini, prajurit diharapkan memiliki tiga kemampuan dasar Raider, yaitu mampu melaksanakan tugas sebagai pasukan anti teror untuk pertempuran jarak dekat, mampu bertindak sebagai pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi dan mampu melakukan pertempuran berlanjut,” kata Mayjen TNI Tri Yuniarto.

Baca Juga: Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto Tutup Kegiatan OJT Taruna Akademi Militer

Ia menambahkan, kemampuan Raider Kostrad tersebut wajib dikuasi untuk melaksanakan tugas baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Pangdivif 2 Kostrad berharap melalui latihan ini, prajurit Raider mampu bergerak secara cepat, rahasia dan senyap untuk mendekati, merebut serta menghancurkan sasaran.

“Semuanya adalah untuk melengkapi kemampuan utama yang selama ini dimiliki oleh prajurit Raider,” ungkapnya.

“Kepada pelaku latihan, manfaatkan kesempatan yang ada untuk menimba dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Segera sesuaikan diri dengan situasi latihan dan pedomani instruksi para pelatih agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto.

Baca Juga: Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto Terima Sabuk Kehormatan DAN IV

Latihan yang diikuti oleh prajurit satuan jajaran Kostrad ini bertujuan untuk membekali prajurit Kostrad yang belum memiliki kualifikasi Raider agar membentuk prajurit untuk memiliki kemampuan handal, mampu bergerak di segala bentuk medan dan cuaca dengan mengutamakan unsur pendadakan melalui operasi raid.

Pembentukan Raider Satuan dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap basis di Markas Yonif Raider 514 Divif 2 Kostrad, tahap gunung hutan di gunung Ijen komplek dan tahap rawa laut di pantai Grajakan Banyuwangi.

Turut hadir pada upacara pembukaan ini Paban 2 /Binlat Sopsad, Danpusdikif, Danrem 083/BDJ, Danrindam V/Brw, Asops Kaskostrad, Asops Kasdam V/Brw, Danseraider Pusdiklat Passus, para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, Danbrigif Raider 9 Kostrad, Danbrigif Mekanis Raider 6 Kostrad, Kasbrigif Raider 9 Kostrad, Kasbrigif Para Raider 18 Kostrad, Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga