Menhub Budi Karya Minta Pelabuhan Kali Adem Gunakan Sistem Pembelian Tiket Online

by -179 views
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Humas Kemenhub

Jakarta, indomaritim.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pengelola penjualan tiket di Pelabuhan Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara, menggunakan sistem online.

Menurut Menteri Budi Karya, penjualan tiket secara online juga akan memudahkan pencatatan manifes dan pengecekan penumpang.

“Saya pikir suatu manajemen pertiketan belum maksimal di sini. Oleh karenanya saya menghimbau tim dari DKI untuk sistem tiketnya itu dari online saja, sehingga dari awal kita sudah tahu manifesnya itu siapa dan tinggal di print saja, tidak ditulis dengan tangan,” kata Menteri Budi Karya di Pelabuhan Kali Adem, Jumat (7/6/20a9).

“Itu perlu kita evaluasi,” lanjutnya.

Budi Karya mengungkapkan, pelabuhan Kali Adem Muara Karang dipenuhi warga yang hendak berwisata ke Kepulauan Seribu.

“Dalam transportasi, keselamatan adalah satu keharusan, jadi jangan abaikan itu,” kata Budi Karya.


Baca Juga: Bakamla Himbau Kapal di Perairan Jakarta Tak Buang Sampah ke Laut

Pelabuhan Kali Adem menjadi gerbang untuk wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan wisata maritim Kepulauan Seribu.

“Masyarakat sebagian besar berangkat menggunakan kapal tradisional dari Pelabuhan Kali Adem dan di saat musim liburan seperti hari ini, jumlah penumpangnya naik cukup signifikan,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke, Capt. Handry Sulfian.

Ia menyebutkan, hari ini ada 3.887 orang wisatawan melakukan wisata ke Kepulauan Seribu menggunakan 22 kapal tradisional. Menurutnya, akses menuju Kepulauan Seribu adalah melalui jalur laut dengan terbanyak menggunakan kapal tradisional.

Padahal, kata Handry Sulfian, PT. Pelni juga menyiapkan kapal penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa menuju Kepulauan Seribu. Namun, tetap saja keberangkatan dengan kapal tradisional dari Pelabuhan Kali Adem tetap menjadi favorit pilihan masyarakat.

Capt. Handry juga menjelaskan, kapal patroli KN.5179 milik KSOP Kelas IV Muara Angke disiapsiagakan untuk melakukan pengawasan keselamatan sepanjang musim liburan Lebaran ini.

Selanjutnya, Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Polri, SAR Jakarta, Pangkalan PLP Tanjung Priok, Pemadam Kebakaran, Kesehatan Pelabuhan, Pos AL Pantai Mutiara, Operator kapal penumpang serta UP3 Muara Angke untuk bersama-sama melakukan pengawasan selama musim libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *