Meriahnya HUT ke-74 RI di KBRI Bratislava, Gelar Upacara Hingga Tumpengan

by -92 views
Banner

Bratislavaindomaritim.id –  Kedutaan Besar (KBRI) Republik Indonesia di Slowakia menggelar berbagai acara untuk memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia. Upacara bendera digelar pukul 09.00 pagi waktu setempat di halaman KBRI Bratislava, Sabtu 17 Agustus 2019, yang diikuti sekitar 50 warga negara Indonesia.

Pada upacara tersebut, pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh anak-anak WNI yang tinggal di Slowakia yang berusia sekitar 14 hingga 17 tahun. Mereka sangat bangga dipercayakan sebagai pasukan pengibar bendera merah putih dan merupakan pengalaman kali pertama.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso menjadi inspektur upacara. Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso juga dilakukan pemberian Tanda Kehormatan Satyalencana 20 tahun kepada salah seorang staf diplomatik KBRI Bratislava.

Baca Juga: Pertunjukan Angklung dan Tari Indonesia Pukau Pengunjung Asian Weekend di Bratislava, Slowakia

Seusai upacara, peserta upacara menikmati hidangan tumpeng lengkap yang ditata dengan cantik dalam wadah ukuran besar dan bakso sebagai hidangan pembuka.

Upacara bendera memperingati ulang tahun RI ke-74 merupakan acara pemungkas setelah beberapa minggu sebelumnya dilakukan serangkaian lomba dan jalan santai di hutan kota Bratislava.

Berbagai lomba diadakan untuk menyemarakkan kegiatan HUT RI antara lain lomba badminton, bowling, dan berbagai lomba ketangkasan lainnya yang melibatkan dewasa dan anak-anak.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso
Duta Besar Republik Indonesia untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso berfoto bersama staff KBRI usai upacara. Foto: Istimewa

Dubes RI dalam sambutannya meyampaikan apresiasi kepada WNI yang hadir atas partisipasi aktif mereka dalam berbagai kegiatan KBRI.

“Sejalan dengan tema HUT RI yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, bahwa dengan kompetensi yang dimiliki, WNI di Slowakia dapat saling berkarya dan berkontribusi serta mempresentasikan sebagai bangsa yang maju, dan menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia dengan berbagai komunitas yang ada di Slowakia,” kata Dubes Adiyatwidi Adiwoso.

Ditambahkan oleh Dubes, serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh KBRI juga untuk mempererat tali silaturahmi sesama WNI di luar negeri.

Keceriaan WNI merayakan HUT RI ke-74 juga dipresentasikan dengan menggunakan pakaian nasional dan busana dari berbagai daerah pada kesempatan upacara dan mempresentasikannya di kota tua Bratislava.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga