Olly Dondokambey Dukung Persatuan Insan Kolintang Nasional Jadikan Kolintang Warisan Budaya Dunia

by -315 views
Ketua Umum Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, Penny Iriana Marsetio bersama Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, pengurus Pinkan dan staff gubernur. Foto: Istimewa
Ketua Umum Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, Penny Iriana Marsetio bersama Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, pengurus Pinkan dan staff gubernur. Foto: Istimewa

Manado, indomaritim.id – Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia mendapat dukungan dari Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey untuk menjadikan kulintang sebagai warisan dunia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatio (UNESCO).

Dukungan Olly Dondokambey disampaikan saat menerima kunjungan Ketua Umum Pinkan, Penny Iriana Marsetio di ruang kerja Gubernur, Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (13/3/2019).

“Pertemuan ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh Pinkan Indonesia karena selain kepengurusan yang baru, komunikasi yang terjalin baik dengan kepala daerah akan sangat membantu program Pinkan Indonesia kedepan,” kata Penny Iriana Marsetio kepada indomaritim.id melalui sambungan telepon.

“Kami sangat bersyukur dan senang,” kata Penny.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berjanji akan membantu Pinkan Indonesia dalam upaya pelestarian Kolintang, serta sama-sama bersinergi dalam proses pendaftaran Kolintang sebagai warisan dunia ke Unesco.

“Sampaikan saja apa yang diperlukan, kami akan bantu,” kata Olly Dondokambey.

Pada kesempatan tersebut, Olly bahkan mengungkapkan, Sulawesi Utara akan segera memiliki museum kolintang.

“Gedung Pingkan Matindas kan sekarang sedang direnovasi. Bekas gedung DPRD provinsi juga sudah pindah, rencananya nanti kita akan buat museum kolintang disana,” kata Olly.

Turut hadir dalam pertemuan ini, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen dan mengundang Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw. Tak hanya itu, Ketua Ikatan Nyong Noni Sulut Hanny Joost Pajouw juga tampak hadir.

Pengurus Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia yang ikut kunjungan kerja adalah Ketua Harian Pinkan Drs Joppie JA Rory SH MH, Sekjen Felix J Luntungan, Wakil Sekjen RAy Dr Dominica Daniafiat ST MM MPCRM, Bendahara Renny Setyowati, Humas Kolonel Chk Berthy Sumakud SH dan PIC Fanny Gara

Pertemuan tersebut memiliki beberapa agenda pembahasan, diantaranya kurikulum kolintang untuk sekolah serta perjuangan Pinkan untuk turut membantu upaya pendaftaran Kolintang ke Unesco.

Ketua Harian Pinkan Drs Joppie JA Rory SH MH menyebut, pertemuan ini menambah lagi dukungan dan optimisme Pinkan Indonesia bahwa perjuangan yang dijalani ini tidak akan sia-sia.

“Ini yang sedang kami perjuangkan. Kedepan tentu kami berharap semua dapat berjalan dengan baik,” ujar Joppy memungkasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *