Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah Hadiri Pemberangkatan Ekspor Produk Perikanan Raja Ampat

oleh -48 views
Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M. Tr.Opsla menghadiri acara 'Penglepasan Kontainer Produk Perikanan Aruna' berbasis digital dari Kabupaten Raja Ampat. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat
Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M. Tr.Opsla menghadiri acara 'Penglepasan Kontainer Produk Perikanan Aruna' berbasis digital dari Kabupaten Raja Ampat. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Sorong, indomaritim.id Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M. Tr.Opsla menghadiri acara ‘Penglepasan Kontainer Produk Perikanan Aruna’ berbasis digital (supply chain tracking) dari Kabupaten Raja Ampat menuju pasar global di Gedung Serba Guna Mako Lantamal XIV, Sorong, Papua Barat, pada Senin, (6/6/2022).

Aruna merupakan perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia yang berkomitmen untuk meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui teknologi, sehingga mampu meringkas proses supply chain yang panjang dan berdampak pada kepastian harga jual yang aman dan adil bagi nelayan.

“Hari ini sekitar lebih 14 ton produk perikanan yang diekspor diantaranya rajungan, kepiting, lobster, cumi dan ikan siap dikirim untuk memenuhi permintaan pasar global,” kata Co-Founder & Chief Sustainability Officer (CSO) Aruna, Utari Octavianty dalam keterangannya.

“Kami akan terus membina masyarakat pesisir, untuk mampu bersaing di level global agar dapat meningkatkan taraf hidup nelayan tradisional lokal,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Laksamana Muda TNI Irvansyah menyampaikan dukungan kolaborasi yang dilakukan oleh Aruna di bidang maritim, karena berdampak langsung untuk mensejahterakan para nelayan pesisir ataun nelayan tradisional.

Selain itu juga ditegaskan, oleh Laksamana Muda TNI Irvansyah agar para nelayan di Indonesia bagian timur untuk tetap patuh pada program perikanan keberlanjutan dengan praktek sustainability fisheries serta penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Kami dari TNI Angkatan Laut juga siap membantu apabila ada hal-hal yang menyangkut pertahanan dan keamanan di laut,” ujar Pangkoarmada III.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Panglima Komando Operasi Udara III, Marsekal Muda TNI Samsul Rizal,S.ip ,M.Tr ( Han ), Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho S.E., M.M., M.H, , Opsla, Kapoksahli Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yohanis Yulius Tamoni.

Juga Danlantamal XIV Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E, M.Si,M.Tr, Walikota Sorong Drs.Ec.Lambertus Jitmau,MM dan unsur Forkopimda Kota Sorong dan Kabupaten Raja Ampat lainnya.

Serta Sekretaris Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Direktur Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dirjen KKP serta CSO Aruna Indonesia.