Panglima TNI Dampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Terima Alat Kesehatan dari Tiongkok

by -244 views

Jakarta, indomaritim.id – Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. mendampingi Menhan RI Prabowo Subianto bersama Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad., Ketua Komisi I DPR RI Meutia Hafidz, Sestama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir. Harmensyah Dipl S.E., M.M. pada acara Penyerahan Bantuan Alat Kesehatan dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), bertempat di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020).

Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) tersebut merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Pertahanan RI dengan Kementerian Pertahanan RRT untuk membantu Indonesia menekan penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) di Tanah Air. Kementerian Pertahanan RI bersama Mabes TNI mengambil langsung bantuan tersebut terdiri dari disposable masks, n95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps, dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU.

Sebelumnya, pesawat C-130 Hercules A-1333 milik TNI membawa 12 ton Peralatan kesehatan penanggulangan Covid-19 dari Shanghai, Tiongkok mendarat di Lanud Sadjad Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (22/3/2020).

Usai mendarat, seluruh crew pesawat berjumlah 21 orang yang menggunakan baju Alat Pelindung Diri (APD) itu disemprot dengan cairan desinfectant. Sesuai rencana, Senin pagi (23/3/2020) pesawat Hercules C-130 akan melaksanakan penerbangan dari Natuna menuju Jakarta, dan akan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Seperti diketahui bahwa Pesawat Hercules C-130 yang berangkat Sabtu (21/3/2020) pagi dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh mendarat dengan aman di Bandara Pudong, Shanghai, Tiongkok pada Sabtu malam waktu setempat.

Peralatan kesehatan dari Tiongkok yang dibawa menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU tersebut, merupakan hasil kerja sama G to G antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

Keberangkatan pesawat C-130 tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan Virus Corona di Indonesia.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *