Panglima TNI Yudo Margono Berharap Presiden Jokowi Segera Tetapkan Kasal

oleh -83 views
Laksamana TNI Yudo Margono (tengah) sedang menyampaikan press conference di Balai Samudra, Jakarta Utara, Rabu (21/12/2022). Foto: Haresti

Jakarta, indomaritim.id – Panglima TNI Yudo Margono berharap Presiden Joko Widodo segera menetapkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). Hal itu disampaikan kepada awak media dalam kegiatan exit briefing Kasal di Balai Samudra, Jakarta Utara, Rabu (21/12/2022).

“Mudah-mudahan Kasal yang baru segera ditetapkan dan dilantik karena begitu saya menjabat rangkap ini, tidak mudah. Dari Kotama TNI AL laporan, Kotama TNI laporan semua, terus gimana ini? hp-nya pecah ini menerima laporan banyak sekali,” ucap Laksamana TNI Yudo.

Seperti diketahui, Laksamana TNI Yudo Margono telah dilantik Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI pada Senin (19/12) lalu menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki purna tugas pada (21/12).

Di hadapan awak media Laksamana TNI Yudo tidak menyebutkan siapa calon Kepala Staf Angkatan Laut pengganti dirinya karena itu merupakan hak prerogratif presiden.

“Itu hak prerogatif Presiden, Bapak Presiden sudah bicara bahwa calon Kasal itu Pati bintang tiga, bukan bintang satu atau bintang dua, yang jelas dari AL,” kata Laksamana Yudo.

Lebih jauh Yudo memaparkan, posisi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) sangat diperlukan untuk kebutuhan organisasi, khususnya terkait dengan pembinaan dan operasional pasukan matra Angkatan Laut.

“Saya fokus bekerja sebagai Panglima TNI. Dengan posisi sekarang mungkin pembawa acara (MC) bingung panggil saya ini, Panglima TNI selaku Kasal, gimana itu. Nanti bingung loh Panglima TNI selaku Kasal. Kasal ya Kasal, Panglima TNI ya Panglima TNI,” ungkap Yudo.