Pastikan Distribusi Bantuan, Panglima TNI dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo Tinjau Bencana Alam di NTT

by -55 views
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. meninjau langsung korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur. Foto: Puspen TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. meninjau langsung korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur. Foto: Puspen TNI

Lembata, indomaritim.id – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. meninjau langsung korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Kamis (8/4/2021).

Panglima TNI dan Kapolri memantau secara langsung kondisi korban bencana alam sekaligus memastikan distribusi bantuan sampai kepada para pengungsi. Beberapa wilayah yang menjadi titik peninjauan Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan diantaranya Maumere, Lembata di Kelurahan Weiwerang.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri meninjau Jembatan Waiburak yang hancur terkena banjir, dilanjutkan menuju ke tempat pengungsian yang berada di Sekolah Man Weiwerang yang menjadi lokasi dapur lapangan. Selain meninjau langsung lokasi bencana, Panglima TNI juga membawa bantuan untuk korban bencana alam di NTT dan NTB.

Sebelumnya, Panglima TNI telah mengerahkan KRI Oswald Siahaan (OWA)-354 dan pesawat Hercules C-130 untuk mengangkut bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial RI menuju lokasi bencana di NTT dan NTB.

Dalam penjelasannya kepada pewarta, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut bahwa pengerahan KRI dan pesawat angkut berat, serta prajurit TNI ke wilayah bencana alam di NTT dan NTB, merupakan bagian dari operasi militer selain perang yang memang menjadi salah satu tugas pokok TNI.

TNI juga memberangkatkan Batalyon Zeni dari Kodam IX/Udayana Bali dan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar untuk membantu membersihkan lokasi banjir bandang sekaligus melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi. Secara keseluruhan, Polri mengerahkan lebih dari empat ribu personel dan TNI mengerahkan tiga ribu prajurit untuk menangani bencana alam di NTT.

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *