Pelindo III Akan Bangun Pelabuhan Multipurpose di Labuan Bajo

by -62 views
Ilustrasi. Foto: Istimewa

Labuan Bajo, indomaritim.id –  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III bersama Kementerian Perhubungan berencana akan membangun pelabuhan multipurpose pertama di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menjelaskan, Pelindo III telah menyiapkan rencana pembangunan pelabuhan ini. Mulai dari segi kajian teknis hingga penyiapan akses atau infrastruktur jalan dari dan menuju pelabuhan.

“Pelindo III akan menginvestasikan insfratruktur untuk kebutuhan bongkar muat kapal di sini, baik curah cair maupun peti kemas. Sejauh ini secara persiapannya sudah matang. Tahun ini kami akan langsung melakukan pembangunan,” kata Doso Agung di Nusa Tenggara Timur, Senin, (20/1/2020).

“Prediksinya, kapasitas pelabuhan ini bisa terus bertambah dari awalnya 4000 TEUs hingga mencapai 100.000 TEUs per tahun ke depannya,” lanjut Doso Agung.

Doso Agung mengungkapkan, perusahaan yang dipimpinnya ditunjuk langsung oleh Kementerian perhubungan untuk membangun serta mengelola pelabuhan tersebut.

Pelabuhan multipurpose Labuan Bajo sendiri merupakan pelabuhan khusus logistik pertama di wilayah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang akan dilengkapi sejumlah fasilitas di antaranya dua dermaga utama yaitu dermaga multipurpose dan dermaga curah cair.

Menurut rencana, pelabuhan ini juga akan dilengkapi lapangan penumpukan peti kemas dan non petikemas dan area perkantoran. Pelabuhan ini dipersiapkan untuk melayani kapal curah cair dan petikemas dengan bobot 5000-10.000 DWT dengan luas pelabuhan mencapai kurang lebih enam hektare.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *