Denpasar, indomaritim.id – Empat BUMN operator pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV (Persero) mengembangkan Integrated Billing System (IBS) atau sistem pembayaran jasa kepelabuhanan yang terintegrasi secara nasional.
“Sebelumnya setiap Pelindo memiliki sistem pembayaran sendiri yang berlaku sesuai wilayah kerjanya masing-masing. Kemudian Menteri BUMN memberikan arahan agar keempat Pelindo bersinergi menyusun dan menerapkan sistem pembayaran tarif jasa kepelabuhanan berbasis elektronik (single billing) yang terintegrasi secara nasional,” kata Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, di Denpasar, Jumat (14/6/2019).
Baca Juga: Digitalisasi Pelabuhan, Begini Trend di Tanjung Perak dan Rotterdam Belanda
Keterangan tersebut disampaikan oleh Doso Agung pada Sosialisasi IBS Nasional yang dihadiri oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto, Direktur Keuangan Pelindo III Iman Rachman, serta jajaran direksi Pelindo lainnya.
Para pengguna jasa kepelabuhanan nantinya cukup mengatur kebutuhannya secara online melalui aplikasi dalam telepon genggam dengan tiga layanan utama, yaitu e-booking untuk memesan layanan, e-billing untuk mengakses tagihan, dan e-payment untuk membayar secara online.
Pada fase awal dari kerja sama tersebut masing-masing Pelindo akan menunjuk satu terminal peti kemas yang akan diintegrasikan, yaitu TPKD Belawan milik Pelindo I, TP 2 Priok milik Pelindo II, TPK Banjarmasin milik Pelindo III, dan TP Tarakan milik Pelindo IV.
Ia menjelaskan, kini dengan kemajuan teknologi dan jaringan internet telah mampu mengeliminasi keterbatasan pertemuan fisik dan waktu dalam memberikan pelayanan jasa yang prima.
“Standarisasi ini membuat proses bisnis berjalan lebih simple dan terukur, sehingga dapat tercapai efisiensi yang diharapkan akan berimbas positif untuk menekan biaya logistik nasional,” jelas Doso Agung.
Pelindo III sendiri sebenarnya sudah mengimplementasikan single portal IBS yang memiliki layanan, yaitu e-registration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, e-billing, dan e-care. Semuanya itu telah mencakup seluruh tahap layanan yang dibutuhkan pengguna jasa pelabuhan dalam satu portal digital.
Baca Juga: Makassar, Pelabuhan Persinggahan Terakhir HMAS Sucess D-304
Bahkan sejak akhir 2016, IBS Pelindo III telah terintegrasi dengan Inaportnet milik Kementerian Perhubungan untuk wilayah operasi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Setahun kemudian pada 2017 mulai diterapkan di pelabuhan lainnya di wilayah kerja Pelindo III.
Lalu pada tahun 2018 lalu, telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Perdagangan Antarpulau (SIPAP) milik Kementerian Perdagangan.
Di ajang Forum Teknologi Informasi (Forti) Kementerian BUMN Awards 2018 lalu Pelindo III memperoleh 2 penghargaan dan menempati peringkat keempat untuk kategori IT Governance Awards 2018 dengan nilai maturity level teknologi yang di atas 3.
Pada ajang tersebut Pelindo III juga menjadi satu-satunya BUMN sektor maritim yang meraih penghargaan Forti BUMN 2018.
Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: Rajab Ritonga