Pemerintah Jepang Siap Bantu Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja Indonesia

by -64 views
Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, Hiroshige Seko bersama delegasi di Forum Dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ke-3. Foto: Humas Kemenko Maritim
Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, Hiroshige Seko bersama delegasi di Forum Dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ke-3. Foto: Humas Kemenko Maritim
Banner

Jakarta, indomaritim.id – Pemerintah dan perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia siap membantu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khhususnya keahlian tenaga kerja Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang, Hiroshige Seko kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan di Forum Dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ke-3 yang digelar di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Baca Juga: Perairan Jambi Rawan Penyelundupan Benih Lobster ke Singapura

“Pemerintah dan perusahaan Jepang menyadari bahwa Indonesia adalah mitra penting,” kata Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Hiroshige Seko.

“Kami sangat mendukung permintaan pemerintah Indonesia untuk melakukan pelatihan-pelatihan kepada tenaga kerja Indonesia untuk meningkatkan daya saing Indonesia,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua The Jakarta Japan Club (JCC) Kanji Tojo menyebutkan bahwa tindak lanjut Dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ke-2 adalah adanya pelatihan bagi 107 guru SMK di Medan, Lampung dan Makassar.

Baca Juga: Kementerian Perindustrian Tingkatkan Kerja Sama Industri 4.0 dengan Taiwan

“Para guru itu diberikan pelatihan dasar dan praktek mesin, keterampilan kelistrikan dan Kaizen (5S) bulan Februari lalu,” jelasnya.

Kanji Tojo menambahkan, industri Jepang akan terus bekerja sama dengan pemerintah RI dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Menurut siaran pers dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Forum Dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ke-3 yang digelar di Jakarta bertujuan untuk mendiskusikan beberapa isu yang menjadi penghambat iklim investasi di Indonesia. Kegiatan ini sendiri digagas oleh pemerintah kedua negara dan The Jakarta Japan Club (JJC).

Sebelum dimulainya forum dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ke-3, Menko Luhut dan Menteri Seko mengadakan pertemuan bilateral yang menyepakati peningkatan kerja sama ekonomi dan pembangunan kedua negara.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *