Perilaku yang Sesuai Pancasila Akan Berdampak Pada Persatuan Bangsa

by -20,536 views
Perilaku yang Sesuai Pancasila Akan Berdampak Pada perstuan Bangsa
Perilaku yang Sesuai Pancasila Akan Berdampak Pada perstuan Bangsa

Perilaku yang sesuai Pancasila yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, keluarga dan masyarakat akan berdampak tumbuhnya persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan ini penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Perilaku-perilaku yang sesuai Pancasila akan akan membuat siswa sesuai mengamalannya dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia yang di dalamnya terdapat lima sila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

Di dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, terdapat wujud cita-cita proklamasi. Cita-cita tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI. Untuk mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh warga Indonesia.

Alat pemersatu bangsa merupakan alat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kelangsungan hidup negara dan bangsa Indonesia di era globlalisasi, mengharuskan kita untuk melestarikan alat pemersatu bangsa, agar generasi penerus bangsa tetap dapat menghayati dan mengamalkannya dan agar intisari nilai-nilai yang luhur itu tetap terjaga dan menjadi pedoman bangsa Indonesia sepanjang masa.

Baca Juga:

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia bukanlah hadiah dari pemerintah kolonial Belanda atau pun Jepang. Kemerdekaan Indonesia diraih melalui perjuangan panjang oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia.

Mengapa perilaku yang sesuai Pancasila akan berdampak bagi persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Arti pentingnya persatuan memang tidak lepas dari perjuangan kemerdekaan yang sudah dicapai bangsa Indonesia. Dengan hal itu, Indonesia tidak akan terombang-ambing dan memiliki keteguhan untuk hidup bersama.

Selain itu, arti pentingnya persatuan bagi bangsa Indonesia adalah untuk mengindari konflik serta perpecahan antargolongan masyarakat. Hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari berbagai macam kebudayaan.

Persatuan dan kesatuan terpatri jelas dalam sila ke-3 Pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Persatuan Indonesia dalam Pancasila berarti bahwa Bangsa Indonesia tidak boleh terpecah dan harus terus bersatu.

Mengamalkan Nilai Pancasila

Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Dampak positif memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara. Bagi bangsa Indonesia keberagaman suku bangsa, budaya, agama, ras dan antargolongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga. Berikut ini mari kita lihat salah satu contoh keberagaman budaya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Meskipun berbeda-beda suku bangsa, adat istiadat, ras, dan agama kita tetap bersatu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Keberagaman bukan merupakan unsur perpecahan namun justru yang menciptakan kesatuan bangsa. Kesatuan adalah upaya untuk mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras dan agama untuk menjadi satu, yaitu bangsa Indonesia. Salah satu kejayaan Indonesia adalah memiliki kebudayaan tarian daerah yang beraneka ragam.

Baca Juga: Cara Menjalin Keberagaman Indonesia Antar Masyarakat

Tuhan menciptakan manusia dengan berbeda-beda bukan untuk saling bermusuhan melainkan untuk saling mengenal dan bersaudara. Hal tersebut sesuai dengan semboyan negara kita, Bhinneka Tunggal Ika.

Di sekolah, siswa dapat meningkatkan pengalaman nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan berikut ini:

Gotong-royong Membersihkan Sekolah

Usaha untuk meningkatkan pengamalan ini dengan rutin mengadakan kebersihan sekolah setiap hari jumat sebelum pelajaran dimulai, juga memberikan pengarahan kepada semua siswa pentingnya akan menjaga kebersihan sekolah bahwa membersihkan sekolah tidak hanya pada saat waktu hari kebersihan.

Mentaati tata tertib

Tata tertib yang ada di sekolah wajib ditaat. Juga mengikuti arahan pembina upacara pada saat upacara bendera juga memberikan sanksi pada siswa jika ada yang melanggar tata tertib sekolah.

Tidak boros

Siswa dapat menabungkan sebagian uang saku nya, juga paham perilaku boros tidak baik karena membuang sesuatu untuk hal yang tidak penting.

Tidak membeda-bedakan teman

Saat diskusi kelompok guru membagi anggota masing-masing kelompok agar semua rata dan tidak membeda-bedakan mana siswa yang pintar dan mana siswa yang bodoh.

Bekerja keras

Bekerja keras di sekolah, memahami semua mata pelajaran. Mengerjakan soal-soal latihan untuk di kerjakan siswa setelah guru menerangkan materi. Juga mengikuti ulangan tengah semester atau UTS dan ulangan akhir semester atau UAS.

Tidak merugikan orang lain

Sebagai siswa paham, bahwa perilaku yang merugikan orang lain tidak lah baik. Guru telah menerapkan aturan setiap ulangan siswa wajib untuk membawa peralatan tulis sendiri tidak boleh meminjam teman agar tidak menganggu konsentrasi teman lain yang sedang mengerjakan ulangan.

Diskusi Tentang Perilaku Sesuai Pancasila

Tuliskan contoh sikap toleransi untuk mempertahankan keanekaragaman dalam sosial budaya!

Contoh perilaku yang mencerminkan sikap toleransi adalah menghormati teman yang sedang beribadah, dan tidak mencemooh agama dan kepercayaan teman. Membantu menyiapkan tempat ibadah bagi rekan yang beragama lain juga merupakan bentuk toleransi.

Baca Juga: 3 Contoh Sikap Memperkuat Persatuan dan Kesatuan dalam Masyarakat

Sebutkan contoh perilaku yang sesuai Pancasila dan dampak yang ditimbulkannya sebagai cerminan perwujudan dalam sila-sila Pancasila!

Contoh perilaku yang sesuai Pancasila dan dampak yang ditimbulkannya sebagai cerminan perwujudan dalam sila-sila Pancasila adalah berikut ini:

Ketuhanan Yang Maha Esa

Contoh perilaku :
– Rajin beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa
– Menghormati teman dari agama lain yang sedang beribadah.

Kemanusiaan yang adil dan beradab

Contoh perilaku :
– Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
– Menghormati Bapak dan Ibu guru.

Persatuan Indonesia

Contoh perilaku :
– Ikut serta dalam kegiatan masyarakat bersama-sama
– Berpartisiapasi dalam kegiatan festival kebudayaan Indonesia

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan

Contoh perilaku :
– Bermusyawarah untuk menentukan siapa yang menjadi ketua kelas.
– Menghargai pendapat orang lain.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Contoh perilaku :
– Menghormati hak orang lain, suka menabung dan tidak bergaya hidup mewah.

2. Perilaku yang ditunjukkan oleh Mila dalam film pendek tersebut sudah mencerminkan nilai-nilai Pancasila, yaitu sila kelima.

Alasannya, karena Mila suka memberi pertolongan kepada orang lain.

Jelaskan hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga warisan budaya!

– Mau mempelajari budaya tersebut, baik hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktikkannya dalam kehidupan kita.

– Ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan.

– Mengajarkan kebudayaan itu pada generasi penerus sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap dapat bertahan.

– Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain.

– Memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri.

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *