Perkenalkan Ragam Budaya Indonesia, KBRI Slowakia Gelar Indonesian Film Festival 2019

by -93 views

Bratislava, indomaritim.id –  Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di ibukota Slowakia, Bratislava menggelar Indonesian Film Festival 2019 di gedung bioskop Fontana Cultural Center of Piestany, kota Piestany pada tanggal 5 dan 6 November 2019.

Empat film karya sineas tanah air diputar pada acara yang diadakan dengan kerja sama penuh dari Cultural Centre of Piestany. Selama dua hari, warga kota Piestany dan sekitarnya menikmati film Surau dan Silek, Surat dari Praha, Sekala Niskala, dan Ada Apa Dengan Cinta 2.

Menurut siaran pers dari KBRI yang diterima redaksi, ke-empat film tersebut dipilih karena dianggap dapat mewakili ragam budaya Indonesia, dengan fokus utama pada promosi pariwisata Indonesia yang ditampilkan sebagai latar belakang setiap film. Selain itu, film-film tersebut sarat muatan budaya tradisional dan budaya pop Indonesia.

Saat pembukaan Indonesian Film Festival 2019, Wakil Walikota Piestany, Bezak Michal menyampaikan apresiasi atas inisiatif Indonesia yang mengadakan kegiatan ini di kotanya.

“Semoga inisiasi ini dapat terus dilanjutkan dengan berbagai kolaborasi di kemudian hari,” kata Bezak Michal.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Cultural Centre of Piestany, Maria Jurcova yang turut hadir pada kesempatan pembukaan juga menyampaikan kebanggaan akan pemilihan Piestany sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini.

“Saya ingin, film-film yang telah diputar dapat dipinjam untuk diputar kembali pada kesempatan yang berbeda,” ujarnya.

Duta Besar RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso mengatakan latar belakang pemilihan kota Piestany sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini adalah karena seperti Indonesia, masyarakat kota Piestany sangat heterogen dan kaya akan perbedaan latar belakang dan budaya.

“Diharapkan melalui pemutaran film ini, publik Slowakia akan semakin mengenal keragaman multi-etnis, agama, budaya, alam dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia yang majemuk,” ujarnya.

“Pada akhirnya akan memberi pemahaman kepada berbagai kalangan Slowakia atas kemajemukan Indonesia, dan semakin menarik minat masyarakat Slowakia untuk berwisata ke Indonesia,” kata Duta Besar Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso memungkasi.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *