Peserta Latihan Scuba Diver Koarmada III Menerima Brevet Menyelam di Laut Sorong

oleh -32 views
Peserta latihan scuba diver gelombang ke-2 dari Koarmada III TNI AL menerima brevet Scuba Diver di kedalaman laut sekitar Perairan Mako Koarmada III. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat
Peserta latihan scuba diver gelombang ke-2 dari Koarmada III TNI AL menerima brevet Scuba Diver di kedalaman laut sekitar Perairan Mako Koarmada III. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Sorong, indomaritim.id Belasan peserta latihan scuba diver gelombang ke-2 dari Koarmada III TNI AL menerima brevet Scuba Diver di kedalaman laut sekitar Perairan Mako Koarmada III, Sorong, Papua pada Rabu (15/6/2022).

Kepala Dinas Peyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada III, Kolonel Laut (T) Sigit Tatag T. ST., M.Tr. Hanla secara langsung menyerahkan bravet selam tersebut kepada peserta bersama para pelatih.

“Kegiatan latihan scuba diver yang telah dilaksanakan dalam dua gelombang ini, untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan para Prajurit Koarmada III dalam kemampuan selam dasar agar mampu dan dapat dihandalkan dalam mengemban tugas sebagai prajurit matra laut,” kata Kolonel Laut (T) Sigit Tatag kepada pewarta.

“Juga selaras dengan salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul,” lanjutnya.

Adapun pelaksanaan kegiatan Latihan Scuba Diver Gelombang Kedua dimulai pada tanggal 2 hingga 15 Juni 2022 bertempat di Kolam Renang Tirto Segoro Kesatrian Mako Koarmada III dan Perairan sekitar Dermaga Koarmada lll.

Kolonel Laut (T) Sigit Tatag menambahkan, kegiatan hari terakhir latihan pada gelombang kedua ini dimulai dengan Pemeriksaan Kesehatan, Senam Pemanasan, Lari/ Jogging di Dermaga, Water Entry Giant Step dan Terjun Paku serta Praktek Laut dengan menyelam sambil mengikuti tali sepanjang 200 meter pada kedalaman 10 meter.

“Sebagai penutup pelakasanaan pelatihan, diakhiri dengan penyerahan brevet scuba diver di kedalaman laut kepada seluruh peserta yang telah mengikuti pelatihan selam,” ujarnya memungkasi.

Pelatihan ini didukung oleh Tim Pelatih dari Dislambair Koarmada III, Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada III dan Komando Latihan Koarmada III.