PINKAN Indonesia Sukses Gelar Lomba Lagu Nasional Musik Kolintang

oleh
Ketua Umum DPP PINKAN Indonesia, Penny Iriana Marsetio menyerahkan hadiah lomba virtual lagu nasional musik kolintang di Gedung RRI Jakarta. Foto: istimewa
Ketua Umum DPP PINKAN Indonesia, Penny Iriana Marsetio menyerahkan hadiah lomba virtual lagu nasional musik kolintang di Gedung RRI Jakarta. Foto: istimewa

Jakarta, indomaritim.id – Persatuan Insan Kolintang Nasional (PINKAN) Indonesia sukses menggelar lomba virtual lagu nasional musik kolintang, Jumat (13/8/2021). Bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta, acara ini dihelat secara virtual dengan peserta dari seluruh Indonesia bertema “Semangat Tangguh dan Tumbuh Untuk Indonesia”.

Kepada pewarta, Ketua Umum DPP PINKAN Indonesia, Penny Iriana Marsetio, menjelaskan tujuan dari acara ini sekaligus sebagai penjabaran semangat kemerdekaan Indonesia ditengah pandemi COVID-19.

“Tentu semangat dalam memperingati dan memaknai hari bersejarah bagi kedaulatan bangsa dan negara Indonesa tercinta ini, terus bergelora di setiap hati sanubari anak bangsa, untuk senantiasa tangguh dan tumbuh membangun negeri meski dalam suasana keprihatinan pandemi,” kata Penny Iriana Marsetio.

Ia menambahkan, kegiatan Lomba Lagu Nasional dengan Musik Kolintang tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat para pelatih dan pegiat musik kolintang untuk terus berkarya dan berinovasi.

“PINKAN Indonesia mendorong para insan kolintang untuk tetap menggaungkan dan menggelorakan musik kolintang sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia yang layak dimasukkan dan dicatat di United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) untuk menjadi warisan budaya tak benda dunia,” imbuhnya.

Para Pemenang Lomba Virtual Lagu Nasional Musik Kolintang

Dewan Pembina PINKAN Indonesia, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio pada lomba virtual lagu nasional musik kolintang di Gedung RRI Jakarta. Foto: istimewa
Dewan Pembina PINKAN Indonesia, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio pada lomba virtual lagu nasional musik kolintang di Gedung RRI Jakarta. Foto: istimewa

Pada kesempatan yang sama, dewan juri acara yaitu musisi Franki Raden dan Dwiki Darmawan, Komandan Korps Siswa (Dankorsis) Seskoal Kolonel Marinir Etwin Ramadhan, S.E., M.Tr. Opsla mengumumkan para pemenang lomba.

Kategori juara terunik diraih oleh kelompok musik Mazani dari Tomohon yang membawakan lagu ‘Pantang Mundur’. Juara pertama, diraih oleh grup musik EXM Tondano yang membawakan lagu ‘Gilang Indonesia Gemilang’.

Juara kedua diraih oleh grup musik Fire of Flower Tomohon dengan membawakan lagu ‘Api Kemerdekaan’. Juara ketiga diraih oleh grup musik Whistle Kolins Maumbi yang membawakan lagu ‘Sepasang Mata Bola’.

Kategori terunik mendapatkan hadiah Rp 3,5 juta, juara pertama mendapat hadiah Rp 10 juta, juara kedua Rp 7,5 juta, dan juara ketiga Rp 5 juta.

Ditemui seusai acara, Dewan Pembina PINKAN Indonesia, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio mengatakan, rencananya bakal menampilkan acara virtual yang lebih meriah dari hari ini.

“Insya Allah ketika hari Sumpah Pemuda kita menampilkan acara virtual yang lebih besar dari ini, kita padukan musik dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya memungkasi.

Lihat juga video acara lomba dibawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *